Notification

×

Adsense atas

Adsen


OPD Kota Pariaman Bahas Indikator Kuesioner UI Green City Metric

Kamis, 10 Maret 2022 | 21:01 WIB Last Updated 2022-03-10T14:12:38Z

Sejumlah OPD dilinkungan Pemko Pariaman mengikuti pembahasan indikator kuesioner UI Green City Metric 2022 secara virtual di Kantor Balaikota, Kamis 10 Maret 2022. (foto.dok.mcp) 



Kota Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman yang diwakili Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kota Pariaman mengikuti “Diskusi dan Pembahasan Indikator Kusioner UI Green City Metric 2022”, yang diselenggarakan UI Green City Metric, dan bertindak sebagai Narasumber adalah Prof. Dr. Ir. Tommy Ilyas, M. Eng Expert Member UI GreenMetric.


Kegiatan dilaksanakan secara virtual yang diikuti 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu, di ruang Rapat Walikota Pariaman, Kamis (10/03/22).


Kadis Perkim LH diwakili Sekretaris Dinas Muliawan mengatakan kepada Tim Peliput MCP, UI GreenCity Metric merupakan program Universitas Indonesia dengan memberikan pemeringkatan kepada Kabupaten/Kota se Indonesia.


Kegiatan ini bertujuan untuk melihat seberapa jauh usaha yang telah dilakukan oleh Kabupaten/Kota di Indonesia. Juga, untuk meningkatkan atau memperbaiki isu-isu keberlanjutan yang ada di wilayah masing-masing, Lagi, sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).


Muliawan menjelaskan, Pemeringkatan Kabupaten/Kota dilakukan melalui kuisioner yang diisi secara online oleh Kabupaten/Kota. Ada 71 indikator yang harus diisi, dan dilengkapi dalam kuisioner tersebut.


"Dalam pengisian tersebut melibatkan data dari beberapa OPD dan stakeholder, seperti : Bappeda, Dinas Perkim LH, Dinas PUPR dan Pertanahan, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PLN dan lain-lain" sebutnya. 


Ia menjelaskan, Progres pengisian kuisioner Pemeringkatan UI GreenCity Metric untuk Kota Pariaman. Yakni M

membentuk Tim Kerja, beranggotakan Perwakilan dari masing-masing OPD terkait. Dan, Penanggung Jawab sekaligus Sekretariat TIM adalah Dinas Perkim LH.


"Membuat grup WA TIM Kerja untuk memudahkan koordinasi, jika ada kekurangan atau keraguan dalam pengisian data. Juga, telah menyebarkan tabel data yang dibutuhkan untuk isian kuisiner kepada masing-masing OPD yang terkait" sebut Muliawan. 


Kata dia, Data yang telah masuk ke Sekretariat TIM telah diinputkan kedalam kuisioner pemeringkatan UI GreenCity Metric. Juga akan dilakukan percepatan agar pengisian kusioner untuk Kota Pariaman bisa selesai secepatnya sebelum deadline, sesuai timeline yang diberikan di akhir bulan Maret 2022.


“Untuk bahan isian kuisioner terdiri dari data penataan ruang informasi terukur, energy dan perobahan iklim,  tata kelola sampah dan limbah, dan tata kelola air”, ungkap Muliawan. (mcp-045)





adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN