Notification

×

Adsense atas

Adsen


Sarinah Bikin Produk UMKM Semakin Berkelas

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:26 WIB Last Updated 2022-03-29T07:26:00Z

 

Wajah Baru Sarinah.



JAKARTA — UMKM mendapat rumah berkelas dengan hadirnya Sarinah. Dengan adanya rumah bagi pelaku UMKM, produk mereka akan menjadi lebih laris dan memiliki narasi yang kuat.


"Produk UMKM itu bisa jadi berkelas karena rumahnya sendiri dan narasinya sendiri. Dulu saya agak ngotot ke pengelola mal agar 20% space diberikan untuk UMKM. Tapi ternyata itu bukan rumah mereka, enggak bisa bersaing (pelaku UMKM). Nah ini Sarinah jadi rumah UMKM yang nyaman," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Selasa (29/3/2022).


Dalam kunjungannya ke Sarinah, Menteri Teten menekankan agar para Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi agar dapat mendorong produk unggulan daerah masing-masing untuk memanfaatkan Sarinah sebagai tempat promosi,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Menurutnya, Sarinah juga dapat menjadi contoh nyata bagi pemerintah daerah untuk membangun rumah bagi UMKM. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan gedung tua milik pemerintah yang diubah menjadi tempat oleh-oleh yang nyaman dan memiliki kualitas produk berdasarkan kurasi terlebih dahulu.


Tak hanya itu, Tempat oleh-oleh itu pasti buatan lokal dan produk UMKM. Tentu tempat tersebut akan memiliki captive market tersendiri dan harus menjamin kualitas produk yang dipasarkan.


"Jadi ke depan UMKM itu harus punya narasi kuat untuk menjualnya dan punya tempat sendiri. Kita ini punya banyak gedung-gedung tua di banyak daerah. Jadi jangan lagi jualan di emperan, enggak bakal dihargai," tuturnya.


Dengan begitu, Menyeri Teten juga mengusulkan agar pemerintah daerah untuk memiliki agregator yang dapat menampung produknya, di mana nantinya dapat ditampilkan di Sarinah.(*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN