Notification

×

Adsense atas

Adsen

Rusia Tuduh Ukraina Akan Ledakkan Fasilitas Nuklir buat Fitnah Kremlin

Senin, 07 Maret 2022 | 12:34 WIB Last Updated 2022-03-07T05:34:43Z

 

Militer Rusia menuduh akan meledakkan fasilitas nuklir di negaranya sendiri untuk fitnah Kremlin.



Jakarta - Pemerintah Rusia menuduh Ukraina sengaja meledakkan nuklir di Kharkov untuk memfitnah Kremlin.


Kementerian Pertahanan Rusia menyebut bahwa Ukraina berencana meledakkan sendiri fasilitas nuklir di Institut Fisika dan Teknologi Pusat Penelitian Nasional Kharkov. Tujuannya untuk memfitnah Rusia yang melakukan serangan ke salah satu fasilitas nuklir Ukraina.


"Militer Ukraina bersama batalion milisi Azov berencana memprovokasi dengan kemungkinan kontaminasi radioaktif dekat kota Kharkov. Pihak nasionalis menambang reaktor pada sistem eksperimen nuklir di Institut Fisika dan Teknologi Kharkov," demikian klaim militer Rusia dikutip dari media resmi Rusia TASS,sebagaimana dikutip CNNindonesia.com.


"Militer Ukraina dan batalion milisi Azov berencana meledakkan reaktor dan menuduh pasukan Rusia meluncurkan rudal di sistem eksperimen nuklir," lanjut pernyataan itu.


Kementerian Pertahanan Rusia kemudian menyatakan bahwa jurnalis asing sudah ada di Kharkov untuk memberitakan tentang serangan di fasilitas nuklir. Kemudian membuat berita palsu bahwa Rusia telah mendatangkan bencana besar dengan menyerang menggunakan rudal.


Rusia sebelumnya sudah menguasai fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia pada Jumat (4/3).


Pasukan Rusia juga disebut sedang mendekati fasilitas nuklir terbesar kedua di Ukraina. Kondisi itu disampaikan Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield pada Jumat (4/3) waktu setempat.

"Pasukan Rusia sekarang berada 20 mil, dan mendekat ke fasilitas nuklir terbesar kedua di Ukraina," katanya dikutip dari CNN, Jumat (4/3).


Meski begitu, Thomas-Greenfield tidak mengungkapkan secara langsung fasilitas nuklir mana yang sedang didekati pasukan Rusia tersebut.


Menurut Energoatom, fasilitas nuklir terbesar kedua Ukraina - dalam hal kapasitas pembangkit listrik - adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Yuzhnoukrainsk di Mykolaiv Oblast, selatan Ukraina.


Energoatom merupakan badan pengawas pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina.(*)


ADSEN KIRI KANAN