Notification

×

Adsense atas

Adsen


Pulau Angso Duo Jadi DTWU di Sumbar

Jumat, 04 Maret 2022 | 22:30 WIB Last Updated 2022-03-04T15:30:37Z

Pulau Angso Duo, Kota Pariaman dijadikan Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Provinsi Sumatera Barat. (foro.dok.mcp)


Kota Pariaman, fajarharapan.id.

- Usai ditetapkan menjadi 16 besar Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Tingkat Sumatera Barat tahun 2022, Pemerintah Kota Pariaman menerima kunjungan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat bersama Tim ahli Visitasi dan Verifikasi Administrasi dalam rangka penilaian Pulau Angso Duo, Kota Pariaman.


"Hari ini, kami bersama Tim Ahli dari akademisi Prof. Ansofino, Rektor Universitas PGRI Sumatera Barat (Sumbar) beserta rombongan mengunjungi Kota Pariaman dalam rangka menilai kesiapan Pulau Angso Duo sebagai salahsatu dari 19 DTWU di Provinsi Sumbar " terang Kepala Bidang Destinasi dan Industri Wisata Dinas Pariwisata Sumbar Doni Hendra kepada Tim Media Center, Kota Pariaman di Pantai Gandoriah, Rabu (02/03/22).


Pengembangan terhadap 19 DTWU yang ada di 19 Kabupaten/Kota se-Sumbar, merupakan salah satu program unggulan Gubernur dan Wagub Sumbar di sektor pariwisata yang telah mencanangkan Visit Beautiful West Sumatera 2023.


“Penetapan DTWU ini, bertujuan untuk memotivasi Kab/Kota agar lebih fokus dalam pengembangan sektor pariwisata daerah. Dikarenakan memiliki keterbatasan anggaran dan sumber daya lainnya, sehingga dapat maksimal mengembangkan sebuah destinasi wisata menjadi lebih representatif. Juga dapat mendukung program Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang telah dicanangkan oleh Pemprov Sumbar nantinya,” sebut Doni menambahkan. 


Dengan adanya penilaian dari tim akademisi ini, ujar Doni Hendra, maka Pulau Angso Duo kedepan menjadi lebih baik lagi. Lagi, menjadi wisata unggulan yang wajib dikunjungi di Sumbar, pada Kota Pariaman khususnya. Hal demikian, sesuai Perda Nomor 2 Tahun 2021 dalam RPJM Provinsi Sumbar, Pulau Angso Duo menjadi salahsatu daerah wisata unggulan tingkat Sumbar.


Doni menegaskan, perlunya kolaborasi antara Pemko Pariaman dengan Pemprov Sumbar dalam mengelola pariwisata ini. Karena, ini tidak bisa dikerjakan secara sendiri.


"Pihaknya juga akan membantu mempromosikan wisata unggulan Kota Pariaman ini berupa pengadaan billboard ukuran 4x6 yang dipajang ditempat yang strategis" jelas Doni.


Dalam kesempatannya yang sama, Koordinator Tim Penilaian Prof. Ansofino mengatakan Pulau Angso Duo merupakan titik daya tarik untuk mendatangkan wisatawan ke Kota Pariaman ini. Juga, pihak Pemprov Sumbar sudah menetapkan sebagai DTWU.


Fino mengatakan, untuk mengembangkan destinasi wisata ini bukan hanya tugas Dinas Pariwisata, namun kesemua pihak harus terlibat. 


Menurutnya, kita harus melihat dari aspek apa saja yang bisa dibenahi, sehingga bisa unggul dari destinasi wisata lainnya di Sumbar.


"Yang perlu kita tingkatkan itu, daya tariknya, dan terpenting tema yang bisa dikembangkan dari destinasi wisata tersebut. Yakni di Pulau Angso Duo ini banyak peninggalan sejarah, seperti salahsatunya Kuburan Panjang" ujarnya. 


Disini, kita harus bisa membangun historisnya, sehingga wisatawan dari luar Provinsi Sumbar pun, mau datang kesini untuk mengetahui sejarah tersebut sebagai edukasi wisata bagi mereka, tegasnya.


Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono mengatakan, pihaknya akan melengkapi permintaan dari Tim Ahli.


Marhen berharap, agar Pulau Angso Duo Kota Pariaman dapat menjadi juara DTWU Tingkat Sumbar tahun 2022 ini. (mcp-045).




adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN