Notification

×

Adsense atas

Adsen


Pria Pertama dengan Jantung Babi Cuma Bertahan Hidup 2 Bulan

Kamis, 10 Maret 2022 | 10:50 WIB Last Updated 2022-03-10T05:05:29Z

 

Ilustrasi cangkok jantung babi.


Jakarta - Seorang pria pertama yang menerima cangkok atau transplantasi jantung babi dengan modifikasi genetik dinyatakan meninggal dunia setelah dua bulan. Jantung babi tersebut sempat berfungsi baik dan menopang kehidupan orang tersebut.


Pada Rabu (9/3), Sistem Medis Universitas Maryland mencatat David Bennett (57) menerima transplantasi pada 7 Januari dan dinyatakan meninggal 8 Maret, seperti dikutip AFP.


"Kondisinya mulai memburuk beberapa hari yang lalu. Setelah jelas dia tidak akan pulih, dia diberikan perawatan paliatif yang penuh kasih. Dia dapat berkomunikasi dengan keluarganya selama jam-jam terakhirnya," jelas Sistem Medis Universitas Maryland dalam sebuah pernyataan,sebagaimana juga dikutip CNNindonesia.com.


Meski memburuk sampai akhirnya membuat Bennett meninggal dunia, jantung sebelumnya bekerja dengan baik selama beberapa pekan setelah operasi. Selain itu, jantung yang ditransplantasikan juga tidak menunjukkan tanda-tanda penolakan.


Selepas operasi, Bennett bahkan sempat menghabiskan waktu bersama keluarga, terlibat dalam terapi fisik, hingga menonton acara Super Bowl. Kala itu, Bennett juga menyatakan keinginannya untuk pulang dan melihat anjingnya, Lucky.


Dia terbukti sebagai pasien pemberani dan mulia yang berjuang sampai akhir. Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarganya," ujar Bartley Griffith, ahli bedah yang memimpin prosedur transplantasi.


Bennett datang ke rumah sakit di negara bagian Maryland, Amerika Serikat (AS) pada Oktober 2021. Ia terbaring di tempat tidur, ditempatkan di mesin pendukung kehidupan darurat, dan membutuhkan organ pengganti. Namun, Bennett dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi dari organ manusia, sehingga diputuskan untuk menggunakan jantung babi modifikasi.


Transplantasi jantung babi yang diberikan pada Bennett meningkatkan harapan soal kemajuan donasi organ lintas spesies. Suatu saat nanti, pencapaian medis ini akan dapat menyelesaikan masalah kurangnya organ manusia yang tersedia untuk disumbangkan.


"Kami memperoleh wawasan yang sangat berharga, belajar bahwa hati babi yang dimodifikasi secara genetik dapat berfungsi dengan baik di dalam tubuh manusia sementara sistem kekebalan cukup ditekan," jelas Direktur Program Xenotransplantasi Jantung Universitas Maryland Muhammad Mohiuddin.


Meski Bennett akhirnya meninggal dunia, tim di balik operasi transplantasi tersebut mengatakan mereka masih tetap optimis tentang keberhasilannya di masa depan.


"Kami tetap optimis dan berencana melanjutkan pekerjaan kami dalam uji klinis di masa depan," ujar Mohiuddin.


Sebelumnya, media lokal AS melaporkan Bennett sempat dihukum karena menikam seorang pria beberapa kali pada 1988, membuat korban lumpuh dan perlu menggunakan kursi roda sebelum dia meninggal pada 2005.


Namun, ahli etika medis berpendapat sejarah kriminal masa lalu seseorang seharusnya tidak berpengaruh pada perawatan kesehatan mereka di masa depan.


"Kami tetap optimis dan berencana melanjutkan pekerjaan kami dalam uji klinis di masa depan," kata Mohiuddin.


Sebelumnya, media lokal AS melaporkan Bennett sempat dihukum karena menikam seorang pria pada 1988. Bennett membuat korban lumpuh dan perlu menggunakan kursi roda sebelum dia meninggal pada 2005.


Di sisi lain, ahli etika medis berpendapat sejarah kriminal masa lalu seseorang seharusnya tidak berpengaruh pada perawatan kesehatan mereka di masa depan.(*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN