Notification

×

Adsense atas

Adsen


PPSKS Peduli Antarkan Bantuan Korban Gempa M 6.1

Jumat, 04 Maret 2022 | 17:46 WIB Last Updated 2022-03-04T12:45:17Z

Ketua Umum DPP PPSKS Drs.H.Damsuar, MM, Dt.Bandaro Putiah bersama para dunsanaknya menyerahkan bantuan kepada warga terdampak gempa bumi M 6.1 di Pasaman Barat, Kamis 3 Maret 2022 (foto.dok.Pengurus DPP PPSKS)



Pinaga, fajarharapan.id -  Organisasi Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) besutan Drs.H.Damsuar, MM, Dt.Bandaro Putiah, merasa ikutserta terenyuh dan sedih terhadap warga terdampak gempa bumi di Pasaman Barat. Maka dia bersama para dunsanaknya dari Ranah dan Rantau se-Indonesia serta luar negeri Malaysia, Singapore, Brunai, Australia dan Amerika Serikat menghimpun donasi atas kepedulian buat sesama.


Sehingga hasil donasi yang digerakan anak muda milineal PPSKS melalui medsos dibawah Pembina Aksi Peduli M.Nazir bersama Muhammad Roem Koto, Jimmy, Azwar Anas Aspila dan lainnya itu, menyerahkan bantuan dalam bentuk logistik 1,2 ton beras, 110 dus mie instan, dan pakaian puluhan kardus kepada masyarakat korban gempa, Kamis (03/03/22).


Damsuar Dt.Bandaro Putiah yang mantan Wabup Padang Pariaman ini, datang ke Pinaga sebagai Ketua Umum PPSKS bersama Pengurus dan anggota  mempergunakan 10 unit mobil. 


Rombongan PPSKS berkekuatan sebanyak 50 orang ini, berangkat dari Kota Pariaman menuju Pasaman Barat, tepatnya di Jorong Pinaga, Nagari Aia Kuniang.



Rombongan dari Pariaman, tiba di Simpang Gudang, Lubuk Basung, puluhan pengurus dan aktivis DPD PPSKS Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang dan Kota Bukittinggi, telah menunggu ikut bergabung. Mereka ada mempergunakan masing-masing mobil dan sepeda motor.


Kedatangan rombongan PPSKS dibawah Ketua Umum Damsuar beserta rombongan, disambut tokoh masyarakat di Posko Penanganan Gempa Jorong Pinaga. Yakni Imam Jendri yang juga merupakan Wakil Ketum DPP PPSKS. Juga, terlihat Tk.H.Asrul SE,MH bersama sejumlah tokoh dan masyarakat korban terdampak.


Imam Jendri menuturkan, di Jorong Pinaga ini, korban terdampak gempa lebih dari 2.000 jiwa dengan rumah rusak berkisar 650 unit. Pinaga merupakan kawasan yang cukup parah mengalami akibat gempa bumi 6,1 Skala Richter (SR) yang melanda Pasaman Barat, Jumat 25 Februari 2022 lalu.


Menurut Imam Jendri, warga Jorong Pinaga mayoritas ber-Suku Koto. Bahkan, masyarakat 6 (enam) suku lain yang berada di Jorong Pinaga, merapatkan diri di bawah kepemimpinan Penghulu Suku Koto Alfen Dt.Majo Labiah.


Usai penyerahan sejumlah bantuan disini, Imam Jendri mengarahkan Ketum DPP PPSKS Damsuar bersama rombongan menuju titik lain, masih Jorong yang sama. Puluhan warga terdampak telah menunggu. Selain menyerahkan bantuan, Damsuar juga berbagi motivasi. 


Ia menyatakan dapat memahami penderitaan masyarakat Pasaman Barat, khususnya di Jorong Pinaga. Hal seperti ini, pernah mengalami musibah gempa yang lebih dahsyat berkekuatan 7,9 SR, Rabu sore, 30 September 2009 lalu jelang senja. "Rumah kami di Kota Padang dan rumah orang tua di Kabupaten Padang Pariaman mengalami rusak berat," kenangnya. 


Dari pengalaman itu, Damsuar memotivasi masyarakat Jorong Pinaga agar segera bangkit secara mental, fisik dan ekonomi. Mulailah membangun puing-puing reruntuhan, Insya' Allah, akan segera mengalir bantuan baik dari pemerintah maupun lembaga-lembaga sosial kemasyarakatan.


"Hari ini kami, para dunsanak suku koto yang tergabung dalam PPSKS, sengaja datang sebagai bentuk kepedulian spontanitas dengan membawa sejumlah bantuan logistik. Insya' Allah, kami terus menghimpun donasi, bantuan dari para dunsanak PPSKS dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara akan terus mengalir dan dihimpun," kata mantan Ketua LKAAM Padang Pariaman ini. 


Rombongan dari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman terlihat Sekjen Jufri Umar Koto SE, Wakil Bendahara Nofrizal Andes Koto, Ketua Bidang Ranah dan Rantau Zartos, Humas Muhammad Roem Koto, Ketua DPD PPSKS Padang Pariaman H.Syafrizal Arafah, Ketua DPD PPSKS Kota Pariaman Azwar Anas Aspila, Penasehat Ali Syafar Dt.Rangkayo Rajo Luanso serta puluhan dunsanak Suku Koto. (saco)





adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN