Notification

×

Adsense atas

Adsen


Kasal Tekankan Sinergitas Antar Institusi Guna Keselamatan dan Keamanan Maritim

Rabu, 30 Maret 2022 | 18:13 WIB Last Updated 2022-03-30T11:13:42Z

.

Jakarta, fajarharapan.id -- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan untuk menjalin sinergitas operasional antar institusi keamanan maritim nasional guna memperoleh keberhasilan dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan maritim di indonesia. Hal ini di sampaikan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat membacakan narasi tertulis Kasal pada acara Webinar dalam rangka HUT ke-19 Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Utama Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/3).


Menurut Kasal, keselamatan dan keamanan laut tidak terbatas hanya pada masalah penegakan hukum dan kedaulatan semata, namun juga bagaimana laut dapat digunakan oleh segenap pengguna laut yang bebas dari segala gangguan dan berbagai ancaman baik dari ancaman kekerasan, ancaman navigasi, ancaman pelanggaran hukum, serta ancaman terhadap sumber daya kelautan.


TNI AL juga melaksanakan operasi untuk menjaga keamanan dan menegakkan hukum di laut yang melibatkan unsur KRI/KAL/PATKAMLA dengan mengedepankan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid) serta melibatkan pangkalan TNI AL guna menindaklanjuti hasil operasi.

“TNI AL senantiasa siap melaksanakan tugas penegakan hukum di laut dan mendukung sistem keamanan laut Indonesia. TNI AL juga konsisten melaksanakan operasi di laut untuk mewujudkan laut bebas dari segala bentuk ancaman di laut,” ujar Wakasal.


Kegiatan webinar INAMPA dengan tema “Keselamatan Maritim Sebagai Daya Saing Bangsa Di Kancah Internasional” di ikuti secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi, Presiden INAMPA Pasoroan Herman Harianja, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi Soerjanto Tjahjono, Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono serta undangan lainnya. (Dispenal)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN