Notification

×

Adsense atas

Adsen

Jelang Diaspal Pemda Pd.Pariaman, Warga Membuat Rabat Beton

Senin, 14 Maret 2022 | 10:58 WIB Last Updated 2022-03-14T03:58:26Z

Warga masyarakat Kampuang Tanjung Durian Dangka, Nagari Sikucua Tengah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman sedang melakukan rabat jalan secara swadaya (foto.dek)


Kampung Dalam
- Begitu tinggi minat warga masyarakat untuk memperlancar lalu lintas kenderaan. Terutama kenderaan sepeda motor di pedesaan.  Sehingga warga masyarakat Kampuang Tanjuang Nagari Sikucua Tengah Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, melakukan gotong royong.


Gotong royong sekali seminggu, pada hari Minggu dengan melakukan rabat beton jalan menjelang ada pengaspalan jalan dari Pemerintah Daerah. Ruas jalan yang membentang dari Labuah Gajah, Lansano Nagari Sikucua ke Nagari Sikucua Utara. Ujung ke ujung telah di aspal, sedangkan pada posisi ditengah-tengah yang berada di Kampuang Tanjuang Nagari Sikucua Tengah sepanjang 1,2 km masih jalan kerekel dan becek. 


'Melihat kondisi jalan yang demikian, warga masyarakat berinisiatif melakukan gotong royong dengan melakukan rabat beton. Terutama di pendakian kawasan Jajaran dan Palompetan. Sebab, pada lokasi ini, jalan begitu susah untuk di lewati kenderaan roda dua, apalagi untuk mobil roda empat" kata Wali Korong Wasri kepada awak media ini, Sabtu (12/03/22).


Wasri mengatakan, jalan ini begitu fital bagi warga masyarakat sebagai sarana untuk memperlancar membawa hasil pertanian. Padahal ruas jalan ini telah ada sejak tahun 60-an. Juga pernah dilalui Bupati Padang Pariaman Anas Malik ketika itu dengan sepeda motor.


"Tetapi, sangat kita disayangkan telah luput dari perhatian Pemerintah Daerah sejak lama untuk membangunnya. Padahal jalan ini, termasuk akses jalan menuju ke arah Aia Tajun Baburai" kata Warsi bersedih. 


Ujuang di Selatan tepatnya di Labuah Gajah, dan ujung di sebelah Utara di Palompetan telah di aspal. Kenapa kok ditengah-tengah, persis di Kampuang Tanjuang Nagari Sikucua Tengah, belum di aspal, ucap Warsi mempertanyakan. 


"Jelang ada pengaspalan jalan dari Pemerintah Daerah Padang Pariaman, kami rabat beton saja dulu untuk bisa dilewati sepeda motor. Dana yang dipergunakan melalui swadaya masyarakat dari kampung dan rantau" ujar Warsi.


Wali Korong Warsi mengucapkan terima kasih atas sumbangan dari para dunsanak di kampuang maupun rantau. Kami masih menunggu uluran tangan dari para warga yang akan memberikan sumbangannya demi kebaikan kita semua. 


"Kepada Pemda Padang Pariaman melalui Dinas Pekerjaan Unum Perumahan Rakyat (PUPR) kiranya dapat mengaspal jalan ke kampuang kami ini, Pak Bupati, perhatian juo lah kami supayo lancar arus transportasi membawa barang" minta Warsi meneruskan aspirasi masyarakatnya. (dek).


ADSEN KIRI KANAN