Notification

×

Adsense atas

Adsen


DPR Optimistis Jamaah Haji Indonesia Bisa Berangkat 2022 Ini

Rabu, 09 Maret 2022 | 07:55 WIB Last Updated 2022-03-09T00:55:06Z


Ilustrasi jjamaah haji 


JAKARTA  - Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Diah Pitaloka, optimistis pemerintah Arab Saudi akan membuka penyelenggaraan ibadah haji bagi jamaah asal Indonesia pada tahun 2022 ini. Setidaknya ada dua aspek yang membuat dirinya yakin meski sampai saat ini pemerintah Arab Saudi belum memutuskan hal tersebut. 


"Saya optimis keberangkatan haji Indonesia itu tahun ini Insya Allah akan bisa, akan berjalan," kata Diah, Rabu (9/3/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Alasan pertama yakni kabar terbaru dari pemerintah Arab Saudi yang telah mencabut peraturan pencegahan pandemi Covid-19 seperti tidak lagi mengharuskan tes PCR dan karantina. Menurutnya, hal ini bisa menjadi parameter menghitung kemungkinan apakah pemerintah Saudi akan membuka kembali ibadah haji bagi jamaah mancanegara. 


Alasan kedua, kata dia, adalah telah mulai dijalankannya kembali ibadah umrah. Tak sedikit juga jamaah asal Indonesia yang sudah menjalankan ibadah ini dengan baik dan lancar.


"Kalau tahun lalu kan umrah nggak diizinkan kan, nggak dibuka. Nah kalau sekarang kan jamaah umrah kita kan sudah, malah bebas karantina kan gitu. Bercermin dari kebijakan umrah, saya optimis haji kita berangkat," ujarnya. 


Kendati demikian, Diah tidak bisa memastikan soal kuota yang akan diberikan pemerintah Arab Saudi. Sampai saat ini belum ada satu negara pun yang mendapatkan kepastian tersebut. 


"Misalnya yang dekat, Malaysia, Brunei, atau Singapura, itu semua masih nunggu kan. Jadi ya nggak ada pilihan, ditunggu saja," kata Diah.(*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN