Notification

×

Adsense atas

Adsen


Diterjang Hujan Badai, Pohon Besar Tumbang Timpa Bus dan Rumah

Rabu, 30 Maret 2022 | 07:35 WIB Last Updated 2022-03-30T00:35:00Z


Pohon tumbang di Ciamis


CIAMIS - Enam pohon besar tumbang diterjang hujan deras disertai angin di sepanjang jalan raya nasional Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022) petang.


Bahkan, diantaranya menimpa minibus yang tengah melintas, dan sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon.


Akibatnya, arus lalu lintas di jalan raya Cijeungjing dari Ciamis maupun arah Banjar macet total hingga beberapa jam. Selain itu, tidak hanya kendaraan minibus yang melintas tertimpa pohon tumbang, sejumlah rumah dan bangunan pun mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon dan terjangan hujan deras yang disertai angin. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini, sebagaimana dikutip Okezone.com.


Ditengah hujan deras, petugas gabungan dari Pusdalops BPBD Ciamis, Damkar, TNI dan Polri bersama warga berjibaku mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Satu persatu pohon yang tumbang berhasil dievakuasi oleh petugas.


"Berdasarkan laporan sementara ada 6 titik pohon besar tumbang di Jalan Nasional Ciamis ini. Kita masih terus melakukan evakuasi pohon. Sementara tidak ada laporan korban jiwa, namun beberapa rumah warga tertimpa pohon tumbang,” terang Kabid Darlog BPBD Ciamis, Memet Hikmat di lokasi.


Setelah beres membersihkan satu pohon yang melintang, petugas kemudian melanjutkan ke pohon berikutnya. Proses evakuasi memerlukan waktu sampai setengah jam setiap pohon tumbang, mengingat ukuran pohon cukup besar. Selain menimpa jalan juga menimpa bangunan warung dan rumah rumah warga.


"Kita fokus evakuasi penanganan pohon agar arus lalu lintas kembali lancar. Kejadian saat hujan disertai angin kencang mulai pukul 14.00 WIB hingga sore tadi," jelasnya.


Tidak hanya banyak pohon tumbang, hebatnya hujan angin pun memporak porandakan beberapa rumah warga. Seperti di Dusun Bojong Nangoh, Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, mengalami kerusakan dari ringan hingga roboh.


Belum bisa dipastikan jumlah pohon tumbang dan rumah warga yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis. Pihak BPBD Ciamis saat ini masih melakukan pendataan jumlah titik kejadian akibat hujan angin yang melanda dari mulai siang hingga sore tadi.(*)



adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN