Notification

×

Adsense atas

Adsen


Apresiasi Kinerja Diskum TNI AL, Asops Kasal Tekankan Penanganan Masalah Hukum

Kamis, 31 Maret 2022 | 19:07 WIB Last Updated 2022-03-31T12:07:24Z

 

.

Jakarta, fajarharapan.id - Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto mengapresiasi kinerja Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Diskum AL) kurun waktu Tahun 2021 yang telah berjalan dengan baik dan sesuai program yang direncanakan. Apresiasi ini disampaikan melalui  Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskum AL) Laksma TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Diskum AL yang dilaksanakan di Wisma Elang Laut (WEL) Jl. Diponegoro, Jakarta, Kamis (31/03). 


Kegiatan ini mengacu pada pelaksanaan Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AL tahun 2022 pimpinan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang diantaranya menekankan kepada seluruh perwira TNI AL untuk menguasai dan mematuhi hukum nasional maupun internasional, sehingga tidak ragu ragu mengambil keputusan di lapangan sesuai lingkup kewenangannya. 


Kasal juga menekankan agar pelaksanaan program hukum di lingkungan TNI AL kedepan berubah ke arah yang lebih baik, keluar dari zona nyaman dan tidak terjebak rutinitas monoton dengan mengembangkan ide-ide dan inovasi baru yang bermanfaat. Prajurit TNI AL khususnya para Perwira Korps Hukum menjadi personel yang handal, bijak, adil dan siap mendukung tugas TNI Angkatan Laut 


Rapim TNI AL juga  menyampaikan kebijakan dan penekanan pemimpin TNI AL terutama di bidang hukum, mengevaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2021 bidang hukum dan sebagai introspeksi untuk memperbaiki kinerja di waktu yang akan datang, selain untuk menyampaikan rencana dan program kerja di bidang hukum selama tahun anggaran 2022 sesuai kebijakan pemimpin TNI AL, termasuk dukungan anggaran agar penggunaan anggaran khususnya yang terkait bidang hukum tepat guna dan tepat sasaran.


Asops Kasal dalam sambutan yang dibacakan Kadiskum AL menilai beberapa program hukum telah dilaksanakan dengan baik seperti dukungan hukum terhadap kegiatan operasi dan latihan, bantuan hukum baik litigasi maupun nonlitigasi, peningkatan kesadaran hukum bagi personel TNI AL dan peran aktif dalam perjanjian kerja sama serta kegiatan penyelarasan bidang deregulasi kebijakan. Namun demikian masih ada permasalahan hukum yang perlu penanganan maksimal. 


“Masih terdapat penanganan kasus personel, penanganan kasus sengketa tanah milik TNI AL dan permasalahan-permasalahan lainnya yang harus menjadi atensi kita bersama agar tidak terjadi lagi dimasa-masa mendatang”, tegasnya. 


Rakerniskum TNI AL yang mengusung tema “Perwira Korps Hukum TNI Yang Handal Bijak Adil Siap Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” ini dilaksanakan secara tatap muka dan daring diikuti Kadiskum AL Laksma TNI Leonard Marpaung, S.H., M.H., Sekdiskum dan para Kasubdis Diskum serta para Kadiskum Kotama, Lantamal dan pengawak bidang hukum jajaran TNI AL seluruh Indonesia. (Dispenal)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN