Notification

×

Adsense atas

Adsen


Air Tajun Langkuik Indah Mempesona, Objek Wisata Alam Bagaikan Mutiara Terpendam

Rabu, 09 Maret 2022 | 10:44 WIB Last Updated 2022-03-09T04:40:30Z

Air Tajun Langkuik Indah di kawasan Korong Paladangan Koto Hilalang, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumatera Barat. (foto.dok.jenri)


Kampung Dalam, fajarharapan.id - Begitu banyak potensi alam yang menakjubkan untuk dijadikan Objek Wisata Alami yang mempesona. Apalagi, digarap secara profesional sebagai daya tarik untuk di kunjungi para Wisatawan domestik maupun mancanegara. 


Setidaknya, salahsatu Objek Wisata Alami "Aia Tajun Langkuik Indah" yang terdapat di Korong Simpang Tigo Paladangan, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman.


Objek Wisata Aia Tajun Langkuik Indah yang mempesona dengan ketinggian jatuhnya air sekitar 50 meter kebawah ini, pernah populer tahun 90-an yang dibuka warga masyarakat secara gotong royong.  Bahkan, pernah dipublikasikan media cetak ketika itu. 


Begitu banyak orang kepinginan untuk datang ke lokasi Aia Tajun Languik Indah, biarlah rela mereka berjalan kaki setapak kesana demi menikmati alam mempesona yang asri.


Kini, lokasi Aia Tajun Langkuik Indah, Koto Hilalang ini, berjarak sekitar 1 km dari Simpang Tigo Pangguang Paladangan, Sikucua Timur, telah punya akses jalan aspal sepanjang 400 merer. Sisanya masih jalan tanah berkerekel. 


Wali Nagari Sikucua Timur Jenri yang ditemui kru media fajarharapan.id, Rabu (09/03/22) di Kantornya, mengakui akan meningkatkan pengelolaan Objek Wisata Alami "Aia Tajun Langkuik Indah" yang sempat terkenal di era tahun 90-an lalu.


Namun demikian, kata Jenri, kita akan berupaya untuk membenahi secara bertahap dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) yang ditangani generasi muda. Juga, kita laporkan ke Pemdakab Padang Pariaman melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk dijadikan sebagai salah satu andalan Destinasi Wisata terbaru di Padang Pariaman pada khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya. 


Objek Wisata Aia Tajun Langkuik Indah yang begitu asri dan alami ini, juga jauh dari pemukimam penduduk. Air yang jatuh bagaikan butiran salju di sekitaran kawasan, mengalirkan ke Batang Kapocong terus menyatu dengan aliran Batang Nareh, sebut Jendri. 


Menurut dia, atas kesepakatan dalam pertemuan rapat Pemerintahan Nagari bersama lembaga-lembaga nagari dan  tokoh-tokoh masyarakat Nagari Sikucua Timur, telah menetapkan dengan mempopulerkan "Air Tajun Langkuik Indah" sebagai Objek Wisata Nagari Sikucua Timur. 


Keberadaannya akan dijaga secara baik yang penuh alami dan asri. Sehingga pengunjung merasa hanyut dan nyaman ketika berada disana. Namun demikian, kita butuh bimbingan dan petunjuk dari Pemerintah Daerah untuk pengelolaan secara baik demi kemajuan Nagari melalui Objek Wisata alami ini, tutur Wali Nagari Jenri.


Warga masyarakat Nagari Sikucua Timur, kata Jenri, sangat antusias berpartisipasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan disana. Terutama warga yang mempunyai lahan di sekitar kawasan Aia Tajun Langkuik Indah. 


Jenri mengakui, sebelum pandemi Covid 19 tahun 2019 yang lalu, Pemerintahan Nagari telah membenahi akses jalan dengan anggaran alokasi dana desa (ADD) Nagari Sikucua Tjmur, agar pengunjung lebih dekat dan aman sampai ke lokasi 


"Mengingat akses jalan yang digunakan agak masih sedikit susah jelang titik lokasi. Maka kita, secara bertahap membuat jalan rabat beton, sebelum ada pengaspalan yang rancak dari Pemdakab Padang Pariaman" ungkap Wali Nagari. 


Sejak pandemi Covid, telah 3 tahun ini, kami tidak bisa melanjutkan pembangunan pisik dengan ADD Nagari. Sebab, diutamakan untuk penangan pandemi Covid 19 yang telah mempunyai  regulasi untuk itu. Kita meminta kepada pihak Pemdakab Padang Pariaman untuk mengalokasi dana untuk pembangunan jalan aspal kesana, sehingga tercipta Destinasi Wisata Berbasis Nagari dan Kerakyatan di pedesaan. Artinya, Kota menyerbu Desa, harap Wali Nagari Jenri mengakhiri. (dek/hsc)





adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN