Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kembali di Launching Progul Tanah Datar

Senin, 28 Februari 2022 | 13:39 WIB Last Updated 2022-02-28T06:39:52Z

 



Tanah Datar, fajarharapan.id - Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM kembali melaunching salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar 2021-2026 yakni Satu Nagari Satu Event, serta meresmikan kalender event tahun 2022, Minggu (27/2/2022) malam di Gedung Nasional Maharajo Dirajo. 


Produk Unggulan (Progul) ini akan berdampak terhadap Ekonomi Kreatif, Pelestarian Kebudayaan, Memajukan Olah Raga dan Produk Nagari.


Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bidang pariwisata menjadi sektor penting yang telah tertuang di RPJMD 2021-2026, karena itulah launching Progul Satu Nagari Satu Event adalah momentum penting bagi dunia kepariwisataan di Tanah Datar.


“Progul Satu Nagari Satu Event dimaksudkan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan kearifan lokal nagari melalui kelompok sadar wisata, sanggar-sanggar kesenian di nagari, kerajinan anak nagari, permainan anak nagari, klub olahraga nagari, UMKM dan lain sebagainya.  Sehingga menjadi langkah besar dalam pengembangan pariwisata, budaya serta meningkatkan kunjungan wisatawan di Tanah Datar," katanya.


Dikatakan Eka, potensi pariwisata Tanah Datar sangat berlimpah yang akan  mendatangkan multiplier effect serta lebih cepat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.


“Potensi itu tersebar di setiap nagari, ini yang kita kemas ke dalam Progul ini,  Pemerintah Daerah optimis melalui potensi wisata luar biasa, berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat di Luhak Nan Tuo,” ujar Eka.


Bupati Eka menyebutkan, tahun 2022, Satu Nagari Satu Event terlaksana di  14 nagari dan akan ditambah jumlahnya pada tahun 2023, dan di tahun selanjutnya semua nagari telah melaksanakannya secara menyeluruh. 


"Agar pelaksanaan Progul berjalan baik sesuai harapan yang diinginkan sehingga tahun selanjutnya semakin bertambah nagari yang ikut serta, kita melibatkan tim kurator yang bertugas merencanakan, membina, membimbing serta mengawasinya," tukas Eka.


Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Kepala Dinas Pariwisata Drs. Luhur Budianda, M.Si mengapresiasi atas telah dilaunchingnya Satu Nagari Satu Event yang dilaksanakan sebagai bentuk perhatian besar terhadap pengembangan pariwisata di Tanah Datar.


“Pemprov Sumbar apresiasi gagasan pemerintah Tanah Datar atas Progul ini¸ karena dengan adanya event menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Sumatera Barat khususnya ke Tanah Datar,” ujar Luhur.


Ia menambahkan Pemprov Sumbar juga menyambut baik peresmian Kalender Event Tanah Datar 2022, yang akan menjadi acuan bagi wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar.


"Kalender Event mencakup semua penyelenggaraan event yang menarik dan unik, salah satunya Festival Pesona Minangkabau, yang sudah masuk Kalender Pariwisata Nasional dan telah ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI sebagai Karisma Event Nusantara," kata Luhur.


Sebelumnya Sekretaris Dinas Pariwisata dan Olah Raga Tanah Datar Yessy Akmaliza, Ap. S.Sos mengatakan, kegiatan launching diawali dengan pelaksanaan pembekalan kepada nagari.


"Agar Progul ini berjalan dengan baik, kita bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan tim kurator event untuk memberikan arahan dan pembekalan kepada 14 Nagari yang akan menggelar event," katanya.


Kemudian ia juga menyampaikan ucapan dan ungkapan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan sehingga Progul ke enam dari sepuluh Progul dari Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2021-2026 bisa di launching dan berjalan baik ke depannya. 


Adapun 14 Nagari di 14 Kecamatan yang bakal melaksanakan Event ini adalah :


1. Nagari Andaleh Baruah Bukit  Kecamatan Sungayang Dengan Ivent , “Sapakan Alek Anak Nagari Andaleh”. 

2. Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, “Aua Sarumpun Geopark Festival III Koto”.

3. Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, “Pesona Pariangan Nagari Terindah” 

4. Nagari Gunuang Rajo, Kecamatan Batipuh, “Galiek Durian Gunuang Rajo”.

5. Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung “Talago Kamba Festival” 

6. Nagari Cubadak, Kecamatan  Lima Kaum, “Tabek Ganggam Festival”.

7. Nagari Pandai Sikek,Kecamatan  X Koto, “Pandai Sikek Festival”.

8. Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, “Gebyar Pesona Talago Biru”.

9. Nagari Kumango, Kecamatan Sungai Tarab, “Festival Silat Baluluak Bajarami”. 

10. Nagari Tanjung  Alam, Kecamatan Tanjung Baru, “Barulak Kurenah Tanjung Alam”. 

11. Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, “Jelajah Wisata Pesona Pagaruyung” 

12. Nagari Pangian, Kecamatan Lintau Buo, “ Festival Pesona Pangian”. 

13. Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan,  “Galundi Singkarak Festival”. 

14. Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara,” Festival Tenun”.


Turut hadir pada kesempatan itu Forkopimda Tanah Datar, Sekretaris Daerah Tanah Datar Iqbal Ramadi Payana, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, BUMN, BUMD, Tokoh Masyarakat, Direktur STP Bandung, CEO Emersia Hotel, Pelaku Wisata, Pokdarwis, Komunitas Pariwisata, Penggiat Pariwisata dan Tamu Undangan lainnya. (Veri).


ADSEN KIRI KANAN