Notification

×

Adsense atas

Adsen

Korut Tembakkan Rudal Balistik saat Perhatian Dunia Tertuju pada Perang Rusia dan Ukraina

Minggu, 27 Februari 2022 | 09:05 WIB Last Updated 2022-02-27T02:05:26Z


Korut menguji coba rudal balistik saat perhatian dunia tertuju pada perang Rusia dan Ukraina.


SEOUL  - Korea Utara (Korut) menembakkan peluru yang diyakini sebagai rudal balistik, Minggu (27/2/2022), demikian laporan dari Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan (Korsel) dan Penjaga Pantai Jepang.


Peluncuran ini dilakukan saat perhatian dunia tertuju pada serangan Rusia ke Ukraina. Uji coba rudal ini merupakan yang pertama dilakukan Korut sejak serangkaian peluncuran pada Januari 2022.


JCS melaporkan, Korut menembakkan satu proyektil yang tampaknya rudal balistik ke arah timur. Rudal ditembakkan dari fasilitas dekat Ibu Kota Pyongyang, sebagaimana dikutip iNews.id


Calon presiden Korsel dari konservatif, Yoon Suk Yeol, memperingatkan bahwa Korut Utara bisa saja memanfaatkan krisis Ukraina sebagai kesempatan untuk membuat provokasi.


Namun seorang analis Universitas Yonsei Korsel John Delury meragukan Korut memanfaatkan momentum serangan Rusia ke Ukraina karena tujuh kali melakukan uji coba rudal sepanjang Januari 2022, sebelum Rusia menyerang Ukraina. Pemimpin Korut Kim Jong Un melakukan ini karena pembicaraan dengan Amerika Serikat dan sekutunya mandek.


"Perang Putin memang memengaruhi hampir semua geopolitik saat ini, tapi menjadi penyebab Kim mengambil keuntungan dari teralihnya perhatian, tampaknya terlalu berlebihan karena (Korut) sudah melakukan pengujian secara agresif sebelum perang," Delury, seperti dilaporkan Reuters.


Korut terakhir kali melakukan uji coba pada 30 Januari, yakni rudal balistik jarak menengah Hwasong-12. Itu merupakan rudal terbesar yang ditembakkan sejak 2017. 


Berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB, Korut dilarang meluncurkan rudal balistik. Negara itu menerima serangkaian sanksi atas program rudal dan senjata nuklir. (*)


ADSEN KIRI KANAN