Notification

×

Adsense atas

Adsen

Bus Pariwisata Tertabrak KA di Tulungagung Angkut Karyawan Hendak Liburan ke Jatim Park

Minggu, 27 Februari 2022 | 09:50 WIB Last Updated 2022-02-27T02:50:46Z

 

Bus Pariwisata Tertabrak KA di Tulungagung, Jatim.


TULUNGAGUNG - Bus pariwisata berpenumpang karyawan pabrik plastik tertabrak kereta api Dhoho relasi Blitar-Surabaya yang melintas di perlintasan Desa Ketanon, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur Minggu (27/2/2022). Rencananya, para karyawan ini hendak berlibur ke Jatim Park, Malang.


Dari data yang dihimpun, jumlah korban tewas sementara sebanyak empat orang. Dua di antaranya terjepit bodi bus yang ringsek. 


“Saat ini sedang dilakukan evakuasi,” ujar Kapolsek Kedungwaru Polres Tulungagung, AKP Siswanto kepada wartawan Minggu (27/2/2022), sebagaimana dikutip iNews.id.


Kecelakaan maut terjadi saat rombongan bus belum lama meninggalkan lokasi penjemputan penumpang. Informasi yang dihimpun, ada tiga unit bus pariwisata PO Harapan Jaya yang hendak bertolak ke Malang. 


Rencananya para karyawan pabrik plastik itu hendak bertamasya  ke wahana  Jatim Park, Batu. Kecelakaan terjadi saat bus kedua tengah melintasi perlintasan tanpa palang pintu. 


Bus melaju dari arah barat menuju ke timur. Belum juga bodi bus sepenuhnya ke luar dari perlintasan, dari arah selatan tiba-tiba muncul KA Dhoho berkecepatan tinggi.


Tabrakan hebat tidak terelakkan. Akibat benturan keras bodi bus terlempar sekaligus terseret sekitar 10 meter. Nyaris seluruh bodi bus, terutama pada sisi kanan hancur. 


Saksi di lokasi kejadian sempat melihat bagaimana ada penumpang yang terlempar ke luar saat tabrakan terjadi. Menurut Siswanto, saat kecelakaan terjadi, lokasi perlintasan tanpa palang pintu tidak terlihat penjaga perlintasan. 


Padahal biasanya ada dua warga setempat yang bergantian menjaga perlintasan. Sebab meski bukan jalan utama, arus lalu lintas di lokasi kejadian tergolong padat. 


“Saat kejadian tidak ada penjaga di lokasi perlintasan tanpa palang pintu,”  kata Siswanto.


Insiden kecelakaan yang terjadi mengakibatkan arus lalu lintas di lokasi kejadian macet total. Sebab posisi bodi bus yang terlempar melintangi jalan. Saat ini proses evakuasi masih berlangsung. (*)



ADSEN KIRI KANAN