Notification

×

Adsense atas

Adsen


Walikota Pariaman ; Alumni Program SAGA SAJA Harus Berani Kerja

Selasa, 18 Januari 2022 | 20:22 WIB Last Updated 2022-01-18T13:22:03Z

Walikota Pariaman Genius Umar melakukan rapat dengan Direktur PNP, sejumlah Perwakilan Perusahaan Industri di Sumbar untuk menyikapi alumni SAGA SAJA di Kantor Balaikota Pariaman, Selasa sore 18 Januari 2022 (foto.dok.mc)


Kota Pariaman
- Walikota Pariaman Genius Umar melaksanakan rapat bersama untuk menyikapi dari alumni Politeknik Negeri Padang (PNP) melalui Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGA SAJA) Pemerintah Kota Pariaman sebanyak 14 orang asal Kota Pariaman. 


Dalam rapat itu, ia mengundang Direktur PNP Surfa Yondri beserta jajaran, dan beberapa Perwakilan Industri yang ada di Sumatera Barat. Seperti Semen Padang, Aleyora Power Regional Sumbar, Kurnia Abadi Padang dan PT. Kunamu Jantan.


"Keberhasilan program SAGA SAJA ini dapat dilihat dari alumninya yang telah bekerja. Sehingga mereka menjadi role model dari program untuk memutus rantai kemiskinan pada keluarganya. Jadi lulusan SAGA SAJA harus KERJA," ujar Genius Umar ketika memberikan arahan pada pertemuan di ruang rapat Walikota, Balaikota Pariaman, Selasa sore (18/01/22).


Kata dia, Program SAGA SAJA ini, telah mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo. Yakni berupa penghargaan Satyalancana Wira Karya yang diberikan kepada dirinya sebagai Walikota Pariaman, dan membuat nama Kota Pariaman cukup di kenal di mata Nasional.


"Program SAGA SAJA, telah menjadi salah satu inovasi unggulan Kota Pariaman. Sehingga mendapatkan penghargaan Inovasi Goverment Award (IGA) Tahun 2021, dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Desember 2021 kemaren," tuturnya.


Ia menuturkan Program SAGA SAJA merupakan program Walikota Pariaman, ketika janji kampanyenya mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Walikota 2018 yang lalu. Juga sudah telah di tuangkan ke dalam RPJMD Kota Pariaman 2018 - 2023


"Kami berharap kepada anak-anak kami lulusan PNP program SAGA SAJA ini, jangan takut untuk merantau atau bekerja di luar Sumatera Barat. Jadi, gunakanlah ilmu, wawasan, skill dan pengalaman yang didapat selama 3 tahun kuliah, untuk menempa diri menjadi pribadi yang mandiri," tegasnya 


Kepada lulusan yang masih belum diterima bekerja, Walikota Genius Umar berpesan, agar mau bekerjasama dalam membentuk usaha sendiri, atau menjadi wirausahawan. Kapan perlu, berani membuka lapangan kerja sendiri, sedangkan masalah perizinan dan modal, akan diberikan jalannya nanti.


Menurutnya, kami menaruh harapan yang besar kepada alumni SAGA SAJA, agar tujuan program ini adalah memutus rantai kemiskinan di Kota Pariaman, bisa di wujudkan. Kalau tidak bisa bekerja di perusahaan yang sesuai dengan keilmuan kita, buka usaha sendiri dengan berwirausaha.


"Ini sudah dibuktikan dari salah satu lulusan Program SAGA SAJA. Yaitu Putri Ramadhani, yang sukses dengan brand Karupuak Baguak nya, yang telah dikenal secara Nasional," ungkapnya.


Lulusan S3 IPB itu menginginkan kepada seluruh alumni agar selalu disiplin dan berani siap kerja. Kalau bisa setelah lulus, tidak ada lagi di kampung dan di kampus, tetapi harus berani mencari kerja dengan bekal skill yang telah dimiliki.


"Saya percaya, anak-anak kami lulusan SAGA SAJA PNP, akan sukses nantinya. Yang terpenting, jangan mudah menyerah. Dan tetap percaya diri, apalagi kalian masih Fresh Graduate. Banyak langkah yang bisa diambil, agar kalian dapat menjadi orang yang sukses dengan mengangkat derajat keluarga, sehingga terbebas dari kemiskinan nantinya," sebutnya mengakhiri.


Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Bank Nagari Cabang Pariaman, Ibnu Supriadi, Ketua BAZNAS Kota Pariaman Zalman Zaunit dan jajaran, dan beberapa Kepala OPD terkait di Kota Pariaman. (mc-co).





adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN