Notification

×

Adsense atas

Adsen

Walikota Genius Umar Semangati Siswa SMAN 3 Kota Pariaman

Senin, 17 Januari 2022 | 12:44 WIB Last Updated 2022-01-17T05:45:24Z

Walikota Pariaman Genius Umar bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera di SMAN 3 Kota Pariaman, Senin 17 Januari 2022 (foto.dok.mc)


Kota Pariaman
- Beragam program-program pendidikan yang telah kita luncurkan di Kota Pariaman, anak-anak kami semakin giat belajar. Dan kirannya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sehingga dapat menjadi generasi yang hebat nantinya.


Hal itu disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar ketika bertindak menjadi Inspektur Upacara Bendera di SMAN 3 Pariaman, Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin pagi (17/01/22).


Kata dia, sejak tahun 2009 lalu, Kota  Pariaman meluncurkan Peraturan Walikota (Perwako) Pariaman Nomor 28 tahun 2009 tentang Pelaksanaan Wajib Belajar  (Wajar) 12 tahun di Kota Pariaman. Artinya, biaya pendidikan dari tingkat SD, SMP sampai SMA sederajat dibantu Pemerintah.


"Salah satu Program Unggulan kami sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pariaman Periode 2018 - 2023, adalah Pendidikan Gratis dari SD, SMP dan SMA/ SMK. Sejak perpindahan kewenangan SMA/ SMK ke Provinsi, maka Pemerintah Kota Pariaman memberikan bantuan keuangan khusus ke Provinsi Sumatera Barat. Hal demikian, untuk membayar pendidikan gratis siswa SMA/ SMK di Kota Pariaman," ujarnya


Ia menyebutkan, pemberian bantuan Keuangan Khusus ini, merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Wajib Belajar 12 tahun. Yakni pendidikan gratis SD, SMP dan SMA/ SMK Negeri di Kota Pariaman.


'"Jadi, kesemua siswa SMA/SMK yang berasal dari Kota Pariaman tidak di pungut biaya lagi. Bahkan, bukan hanya untuk anak-anak Kota Pariaman saja, tetapi juga anak-anak Kabupaten lainnya yang bersekolah di Kota Pariaman" ucap Wako Genius Umar. 


Ia menambahkan, kita mempunyai Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) yang kita luncurkan sejak tahun 2018 lalu. Ini salah satu cara untuk memberikan kesempatan pada putra putri terbaik Kota Pariaman, dari keluarga yang kurang mampu, untuk bisa menempuh jenjang pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi.


Walikota Genius memotivasi siswa-siswi SMA N 3 Pariaman ini, untuk jangan takut untuk menimba ilmu ke Universitas favorit yang ada di indonesia. Walaupun kita berasal dari kota kecil di Sumbar ini, tetapi kita bisa untuk masuk ke Universitas terbaik di Indonesia.


"Saya ketika tamat SMA tahun 1991, bertekat untuk masuk ke kampus terbaik di Indonesia. Alhamdulillah, saya diterima di STPDN untuk D3 waktu itu. Kemudian, lanjut S1 di STIA yang merupakan kampus kedinasan yang berada dibawah Lembaga Administrasi Negara (LAN)," ucapnya mengenang.


Selanjutnya Genius menambahkan, ia melanjutkan S2 di Universitas Gajah Mada (UGM). Belum puas, juga mengambil S3 di Institute Pertanian Bogor (IPB). Dan sekaligus di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).


"Saya menceritakan kisah ini untuk memotivasi anak-anak ku semua, agar jangan berpuas diri dalam menempuh pendidikan. Tanamkan bahwa kita bisa nantinya, dengan kerja keras dan belajar yang tekun" tegasnya bersemangat yang dibalas tepuk tangan para siswa-siwi dan majelis guru peserta upacara. (mc-co).





ADSEN KIRI KANAN