Notification

×

Adsense atas

Adsen


PPSKS Terus Bergerak di Bumi Melayu, DPW PPSKS Riau Terbentuk

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:26 WIB Last Updated 2022-01-26T03:26:10Z

Ketua DPW PPSKS Provinsi Riau terpilih Eri Zulfian,S.Pt,SH,MM bersama Ketua DPD PPSKS Kota Dumai H.Hasrizal,SH yang juga Anggota DPRD Kota Dumai (foto.dok.dpp)


Pekan Baru - Dalam rentang waktu belum berumur setahun jagung sejak tahun 2021 lalu, organisasi masyarakat bernama Payuang Panji Suku Koto Sadunia (PPSKS) besutan Drs.H.Damsuar, MM Dt.Bandaro Putiah bersama dunsanaknya basuku Koto, terus menggeliat sejalan dengan dinamika kehidupan rasa badunsanak.


Kehadiran PPSKS disambut baik dan gembira secara antusias dari rang koto yang tersebar pada Ranah Minang maupun di tanah Rantau. Hal itu, dibuktikan sejak terbentuk Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPSKS yang berkedudukan di Padang, Sumatera Barat, maka sejumlah Dewan Pengurus Wilayah (DPW) maupun beberapa Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten dan Kota, telah terbentuk di Sumbar maupun di Rantau, itupun hanya menunggu peresmian.  


Kali ini, telah terbentuk pula DPW PPSKS Provinsi Riau melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) I sekaligus bersamaan dengan Musyawarah Daerah (Musda) Kota Pekan Baru yang diselenggarakan di Hotel Resti Menara, Pekan Baru, Minggu 23 Januari 2022 lalu. 


Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PPSKS Jufri Umar Koto SE kepada fajarharapan.id, Rabu (26/01/22) mengatakan, terbentuknya DPW PPSKS Provinsi Riau merupakan DPW kedua setelah DPW PPSKS Provinsi Sumatera Utara yang telah diresmikan Desember 2021 lalu. Sedangkan DPD PPSKS Kota Dumai, juga merupakan DPD Kabupaten/Kota perdana diresmikan pengukuhannya oleh Ketua Umum DPP PPSKS yang ditandai penyembelihan seekor lembu. 


Kata Jufri, peserta pelaksanaan Muswil Riau dihadiri 7 Kelarasan dari 9 Kelarasan yang ada di Minangkabau. Yakni Kelarasan Piaman, Kelarasan Luhak Agam, Kelarasan Luhak 50, Kelarasan Tanah Datar, Kelarasan Pasaman, Kelarasan Solok dan Kelarasan Sijunjung, sedangkan Kelarasan Pasisie dan Kelarasan Kota Padang belum hadir Perwakilannya. 


"DPD PPSKS yang telah terbentuk DPD Kota Dumai, DPD Kota Pekanbaru, sedangkan yang umpama terbentuk DPD Kabupaten Bengkalis, DPD Siak, DPD Pelalawan, DPD Kampar dan DPD Persiapan Kabupaten Indragiri Hulu. Dalam Muswil Riau itu, disepakati membentuk Tim 15 dari Perwakilan Kelarasan dan DPD Kabupaten Kota se Propinsi Riau ditambah 1 Bundo Kanduang" ungkap Jufri Umar yang mantan Atlit Voly Ball Piaman ini.


Dikatakannya, Muswil dibuka secara resmi oleh Ketua DPP PPSKS/ninik mamak rang suku Koto Provinsi Riau Zainal Abidin, SH. Kemudian, pelaksanaan Muswil langsung dipimpin Stering Comitte (SC) H.Eri Zulfian SPt, SH MM, bersama Zulkifli dan Ir. Nofrizal, MM. Kegiatan Muswil berjalan penuh semangat dan gembira dari para dunsanak suku koto yang datang memadati Ball Room Hotel Resti Menara itu. 



Berdasarkan hasil rapat Tim 15, sebut Jufri Umar, telah menyepakati Eri Zulfian,SPt,SH,MM sebagai Ketua DPW PPSKS Provinsi Riau, sedangkan hasil rapat Tim pemilihan Ketua DPD Kota Pekanbaru, juga memutuskan Andika Surya Saputra SH MH sebagai ketua DPD PPSKS Kota Pekanbaru masa bakti 2022 - 2027. 


Zainal Abidin SH selaku Ninik Mamak mengatakan setelah mempertimbangkan segala hal yang patut dan mungkin sesuai kebutuhan Provinsi Riau, memang dibutuhkan sosok seperti Eri Zulfian. Ia diharapkan dapat menyatukan seluruh dunsanak suku Koto yang berada di tanah rantau bumi Melayu ini. 


"Memperhatikan pengalaman yang bersangkutan dan perjalanannya sebelum ini, maka diperoleh kata sepakat tanpa ada yang menolak ataupun mengkhawatirkan kepada Eri Zulfian. Sedangkan sebagai Ketua DPD PPSKS Kota Pekan Baru, diamanahkan kepada Andika Surya Saputra. Kepada mereka berdua, supaya membentuk Dewan Pengurus masing-masing paling lambat 30 Januari 2022 mendatang untuk penerbitan Surat Keputusan (SK) DPP PPSKS" kata Zainal Abidin sebagainana dikutip Sekjen Jufri Umar. 


Ketua DPW PPSKS Provinsi Riau terpilih H Eri Zulfian SPt SH MM mengucapkan sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan para dunsanak dalam Muswil ini. Kepercayaan ini bagaikan baban barek singguluang batu, pun tantangan dalam melaksanakannya.


"Untuk itu, kepada para dunsanak yang telah mengamanahkan sebagai Ketua DPW PPSKS Provinsi Riau masa bakti 2022-2027, kiranya selalu memberikan arahan dan petunjuk dari Ninik Mamak yang ada di bumi Melayu ini. Termasuk saran dan pendapat dari seluruh Bundo Kanduang rang Koto di Riau" harapnya. 


Jufri Umar menyebutkan dengan mengutip pernyataan Eri Zulfian melalui keputusan atas rekomendasi DPW PPSKS Riau, juga kiranya dapat mempelopori gelar Datuk "Sangsako" diberikan kepada tokoh-tokoh Riau yang dijadikan Mamak rang Koto di bumi Melayu ini. Pemberian gelar dan pengangkatannya oleh LKAAM Sumatera Barat, sedangkan untuk "Tuah"  dimintakan kepada Lembaga Adat Melayu (LAM) Propinsi Riau. 


Sementara itu, peresmian pengukuhan dan pelantikan secara bersamaan DPW PPSKS Provinsi Riau dengan DPD PPSKS Kota Pekanbaru itu, direncanakan terjadwal jelang bulan Ramadhan atau Maret 2022 mendatang. 


Para dunsanak suku Koto yang telah menjadi warga Provinsi Riau berasal dari Ranah Minang dipayungi melalui PPSKS ini. Kesemuanya berbagai profesi kehidupan. Seperti mamak kita H.BASKO (Basrizal Koto), H. Syamsul Bahri (Pengusaha SPBU), akademisi Prof. Dr .Alidin Koto, Prof Dr. Jaswir Koto (anak mama Janiar Ali Akbar), 


Sementara itu, dari kalangan Pengacara/Advokat Eri Zulfian, Andika Surya Saputra, sedangkan dari Politisi Ir H Nofrizal MM, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, dan H Hasrizal, SH, Idrus ST, Rudi Hartono yang ketiganya Anggota DPRD Kota Dumai. 


Begitu banyak menggeliat para dunsanak di bumi Melayu baik sebagai pejabat Pemerintah Pusat, Propinsi Riau ataupun kabupaten kota lainnya di Propinsi Riau, kata Jufri Umar mengakhiri yang mengutip pembicaraanya dengan Ketua Terpilih Eri Zulfian. (saco).





adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN