Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Pejabat Harus Punya Link ke Pusat, Walikota Pariaman Gelar Rapat Evaluasi Kinerja OPD

Rabu, 12 Januari 2022 | 18:16 WIB Last Updated 2022-01-12T14:27:44Z

Walikota Pariaman Genius Umar memimpin rapat evaluasi kinerja OPD. (foto.dok.mc)


Kota Pariaman
- Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Sekdako Yota Balad dan Asisten II Elfis Candra memimpin Rapat Evaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang rapat walikota, Balaikota Pariaman, Selasa sore (11/01/22)


Ia menggelar rapat evaluasi kinerja ini, dilakukan sepulang dari Lawatan Kerja ke Provinsi Jawa Tengah. Wako Genius Umar langsung memerintahkan Kepala OPD, Kabag, Kaban dan Camat untuk memaparkan hasil kinerja tahun 2021, maupun yang akan diperbuat pada tahun 2022 ini


"Setiap Kepala OPD atau Pimpinan di instansi masing-masing, harus punya leadership yang baik, sehingga menjadi contoh dan panutan bawahanya. Saya juga menginstruksikan agar mulai dari Kabid, sampai Kadis, harus mempunyai link di Kementerian. Dia bertugas, serta dapat berkonsultasi dengan Anggota DPR RI yang membawahi instansi mereka," mintanya.


Genius menambahkan, dimasa Pandemi Covid-19 dengan keterbatasan anggaran yang ada, kita jangan hanya bisa berdiam diri saja. Padahal banyak program Kementerian yang dapat kita senergikan dengan kegiatan di Pemko Pariaman, ucapnya


Menurutnya, ketika kunjungan Komisi IV DPR RI, kita banyak mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian. Sehingga banyak membawa manfaat dan bantuan yang diterima oleh para petani dan peternak kita.


"Untuk itu, kepada OPD yang lain, harus bisa membawa pihak kementerian, minaml Direktur. Kapan perlu, Dirjen nya dan Anggota DPR RI dari Komisi lainnya, untuk datang ke Kota Pariaman," tegasnya.


Ia mengatakan agar pada tahun 2022 ini, semua kegiatan harus dapat dicatat dan didokumentasikan. Untuk tahun 2021 kemaren, saya meminta agar dibuatkan buku laporanya oleh setiap OPD, sehingga terdokumen yang telah dikerjakan.


"Buku tentang kegiatan OPD itu akan ditarok pada Perpustakaan kita, sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh publik" ungkapnya.

Budaya melayani, tegas Walikota Genius Umar, betul-betul diterapkan oleh semua ASN dan Non ASN yang ada di Kota Pariaman. 


"Kesemua ASN supaya dapat memperggunakan teknologi untuk mempromosikan kegiatan di masing-masing OPDnya. Yakni malalui media sosial, baik instagram, facebook maupun twitter, serta dapat mengelola komplain handling dari masyarakat, untuk cepat ditangani, dengan menggunakan medsos yang kita punya," jelasnya.


Ia mengharapkan agar terlahir banyak inovasi di setiap OPD yang ada, maka setiap tahun harus ada inovasi yang baru nantinya. Sehingga berdampak langsung kepada pelayanan kepada masyarakat dan keterbukaan informasi publik.


"Juga kita telah mempunyai MPP, maksimalkan hal tersebut. Juga telah mempunyai pendampinagn kepada pelaku UMKM dengan layanan konsultasi bisnis bagi mereka. Kita tingkatkan dengan membuat Lapak Genius nantinya, sebagai bahan promosi bagi produk UMKM Kota Pariaman," terangnya.


Genius meminta agar kinerja OPD didaerahnya, dapat semakin baik lagi. Dan dapat betul-betul bekerja dengan target yang jelas yang mengarah kepada visi misi Kepala Daerah dan RPJMD Kota Pariaman 2018-2023.


"Semoga, dengan niat kita untuk membangun Kota Pariaman menjadi lebih baik, makanya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan reformasi birokrasi menjadi lebih baik dan simple, sehingga kesejahteraan masyarakat dan peningkatan perekonomian daerah, dapat terwujud"  sebutnya mengakhiri. (mc-co).




ADSEN KIRI KANAN