Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Kotogadang Baralek Gadang Gelar Festival Seni Budaya Anak Nagari

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:18 WIB Last Updated 2022-01-12T04:29:10Z

 



Kotogadang, fajarharapan.id - Masyarakat Nagari Kotogadang Kabupaten Agam kembali Akan menggelar Festival Seni dan Budaya Anak Nagari ke II Tahun 2022 yang akan menampilkan semua potensi anak nagari Kotogadang.


Festival Seni Budaya Seni dan Budaya Anak Nagari Kotogadang ke II tersebut akan digelar selama 4 hari mulai dari tanggl 13 - 16 Januari 2022 yang akan dipusatkan di depan Balai Adat Kotogadang.


Alek anak Nagari Kotogadang ini  diperkirakan akan dikunjungi banyak masyarakat, tokoh Sumatera Barat dan wisatawan, hal ini antara lain mengingat nagari bersejarah dan melahirkan tokoh dan pejuang karena kegiatan festival akan menampilkan berbagai seni dan budaya, pameran industri kerajinan sounvenir khas Kotogadang yang diminati dunia.


Ketua Pelaksana Ramlan Gazali ketika dihungi Rabu (12/1) menjelaskan, Festival ini berawal digagas anak nagari dengan dukungan penuh perantau mengingat Kotogadang salah satu Nagari yang menjadi tujuan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri 


"Salah satu latar belakang dilaksanakannya FSBANKG karena Nagari Kotogadang banyak potensi dan daya tarik untuk menjadikan Kotogadang menjadi studi tiru bagi wisatawan dalam dan luar negeri diantaranya Kotogadang disamping memiliki alam yang indah dan sejuk, masyarakatnya yang ramah memiliki berbagai aneka seni budaya yang unik dan menarik serta yang tak kalah dikenal dengan industri tangan selendang Suji dan Kapalo Samek serta Kerajinan Peraknya dan Kuliner Gulai Itiak Lado Hijau" ungkap Ramlan


dalam keterangannya, kegiatan Festival ini melibatkan seluruh anak nagari dan menampilkan semua potensi hasil Sumberdaya anak Nagari yang awalnya dicetus para nenek moyang Kotogadang masa doloe dan selama alek dilaksanakan akan diisi dengan tablik Akbar yang akan disampaikan oleh  Buya Mas'oed Abidin dan hiburan kesenian anak nagari serta akan dihibur penyanyi Minang terkenal, Titis Silvia.


Ditambahkan bahwa, direncanakan pada acara pembukaan akan dihadiri Gubernur Sumatera Barat, Anggota DPD RI, Danrem, Bupati Agam dan perantau Tanah Datar dan wisatawan dalam dan luar negeri.


"Masyarakat dapat menyaksikan rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Anak Nagari Kotogadang dengan menerapkan protokol kesehatan dengan rangkaian acara Tablik Akbar dan Majelis Taklim, Silat Tradisional dan Kesenian Tambua, Tari Minang, Kerajinan dan Pameran Lukisan Anak Nagari, serta Kuliner Khas Koto Gadang. Ungkap Ramlan.


sementara itu Wali Nagari Koto gadang, Budi Zulfikar mengapresiasi  inisiatif anak Nagari untuk menggelar Vestifal FSBANKG yang ke II dengan adanyan Festival akan memperkenalkan potensi seni, Budaya dan Kuliner Kotogadang dan akan memberi dorongan bagi Warga Kotogadang untuk tetap meneruskan karya ciptaan yang telah dilahirkan para leluhur sebagai kekayaan yang adapat dikembangkan  generasi penerus dan menjadi sumber potensi dan dapat pula memberi nilai tambah dalam kehidupan sehari-hari, ungkap Inyiak Wali. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN