Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Koperasi Sawit Mandiangin Langgam Kinali Sejahtera Tanam 1.000 Hektare Lahan, Ini Targetnya ke Depan

Sabtu, 01 Januari 2022 | 19:01 WIB Last Updated 2022-01-01T13:24:34Z

foto kantor perwakilan koperasi sawit Mandiangin


Pasbar, fajarharapan.id - Koperasi Sawit Mandiangin Langgam Kinali Sejahtera  (KSMLKS), Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, tanam 1.000 ha kebun sawit.


Koperasi ini telah berkiprah membangun kebun sawit semenjak tahun 2012 hingga tahun 2013. Hal itu terlaksana berkat  kerja sama dan bermitra dengan PT Laras Inter Nusa (LIN).


"Lahan kebun sawit 1.000 hektare itu ditargetkan dapat direalisasikan segera," terang Ketua Badan Pengawas KSMLKS Kinali, Asgul  ketika ditanya media fajarharapan.di di Kantor Perwakilan Koperasi Sawit (KSMLKS) di Basung Indah, Jorong Langgam, Nagari Kinali, Sabtu (1/1/2022).


Menurutnya, kemungkinan sebentar lagi setelah pembanggunan kebun ini selesai, banyak petani sawit nanti yang  antusias  melihat kebun mereka, dan sudah tercapai cita-cita untuk berkebun sawit bersama anggota petani koperasi.

 

Masyarakat yang tergabung dalam koperasi agar  dapat segera menikmati kesejahteraannya. 


Menurut Asgul, sebagai ketua Badan Pengawas  Koperasi Sawit  Mandiangin Langgam Kinali Sejahtera, tidak ada kepentingan pribadi di koperasi tersebut selain hanya untuk kebersamaan.


Membangun kebun sawit berkoperasi tersebut dengan kebersamaan bukan hanya untuk kepentingan pribadi, atau pribadi pengurus lainya.


 “Tujuan kita sekarang  bagaimana agar kebun koperasi ini dapat segera selesai dibangunan,” tegasnya.


Antusiasme petani untuk mendapatkan kebun kelapa sawit ini didukung dengan  harga yang tandan buah segar (TBS) sawit yang sangat tinggi. 


“Saya rasa, kehadiran kebun kelapa sawit Koperasi  Mandiangin Langgam Kinali Sejahtera ini, sangat diharapkan juga para petani kita,” jelasnya.


Karena dahulu tidak ada pernah mendapat kebun yang seluas  ini. "Sekarang sudah ada, semoga kita berharap kebun sawit ini di bangun sesuai dengan luas yang telah kita tentukan  seperti saat sekarang," jelasnya.


Kebun tersebut berlokasi di Jorong Mandiangin, Nagari Tiagaan. Lokasi kebun sangat strategis sejajar dengan PT LIN, tidak jauh dari jalan raya. Selain itu, jarak kebun dengan pusat kecamatan dekat.


Sementara itu, H.Horozon Nahkodo rajo selaku Ninik Mamak Mandiangin mengakui banyak petani termasuk anggota koperasi sangat berharap dibangunnya  kebun sawit ini.


Koperasi Sawit Mandiangin mempunyai lahan seluas 1.000 ha. Keseluruhan luas lahan sawit yang dimiliki koperasi tersebut  mencapai 1.400 hektare. Saat ini, yang sudah ditanam 235 ha, ditanam pada tahun 2013, sisanya akan dilanjutkan pada tahun 2022 ini, lahan tersebut murni plasma untuk masyarakat. 


“Sekarang ini, kami terus sosialisasikan meneruskan  kelanjutan  pembagunan lahan kebun tersebut dan dibagikan kepada masyarakat, dan menghindari agar tidak  terjadi tumpang tindih  dengan masyarakat  sekitar yang ingin coba-coba untuk penyerobot  tanah atau lahan kami,” ungkap H. Horizon Nakhodo Rajo di Mandiangin. (By Roni)


ADSEN KIRI KANAN