Notification

×

Adsense atas

Adsen

Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan ke Tanah Datar

Jumat, 28 Januari 2022 | 11:18 WIB Last Updated 2022-01-28T04:18:16Z

 



Tanah Datar, fajarharapan.id - Kunjungan Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan ke Tanah Datar, Kamis (27/2) disambut Bupati, Eka Putra di Indojolito Batusangkar.


Rombongan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan Darussalam, terdiri dari Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII, Seri Paduka Yang Dipertuan Agung Raja XII, Tengku Muhammad Nizar beserta anggota lainnya.


Bupati Eka Putra di kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan atas kunjungan ke Tanah Datar sebagai Daerah Luhak Nan Guo.


"Dalam sejarahnya Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan merupakan kerajaan yang didirikan keturunan Raja Pagaruyung". Sebut Eka.


Dikatakan, sejarah mengatakan, rombongan kerajaan ini kalau ditelisik jauh sebelumnya, merupakan keturunan Raja Pagaruyung yang pusatnya di Tanah Datar ini, dengan kata lain Tengku bersama rombongan sebenarnya pulang kampung," ujar Eka. 


Karena itu, tambah Bupati, hubungan kekerabatan yang ada tentunya diharapkan terjalin lebih erat lagi ke depannya. 


"Dalam hubungan yang semakin erat itu nantinya bisa meningkatkan jalinan silaturahmi sesama kita, dan sekiranya ada program dan kegiatan juga bisa disinergikan bersama," tukas Eka. 


Sementara itu Raja Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan Tengku Muhammad Nizar menyampaikan, terima kasih atas sambutan dan jamuan Bupati bersama jajarannya. 


"Terima kasih pak Bupati atas sambutan dan jamuannya, semoga silaturahmi ini semakin erat ke depannya," katanya. 


Diungkapkan Tengku M. Nizar, Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan merupakan salah satu kerjaan kecil di Riau. 


"Kerajaan Rantau ini berdiri semenjak abad 16 setelah Kerajaan Pagaruyung runtuh. Dimana Bujang Sati yang merupakan anak Raja Kerajaan Pagaruyung waktu itu menjadi raja pertama kerajaan rantau ini," ungkapnya. 


Atas sejarah itulah, tambahnya, Kerajaan Rantau Kampar Kiri Gunung Sahilan sangat bangga dan menyambut baik atas sambutan ini, semoga silaturahmi semakin di tingkatkan di masa datang. 


"Alhamdulillah, uluran tangan dan niat baik Pak Bupati kami sambut baik. Semoga jalinan silaturahmi kita semakin meningkat di masa datang," katanya.(Veri)


ADSEN KIRI KANAN