Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Kadis PMD Kota Pariaman Hendri ; Jaga Kedamaian Tahapan Proses Pilkades Serentak 2022

Kamis, 06 Januari 2022 | 14:02 WIB Last Updated 2022-01-06T13:17:15Z

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Pariaman Hendri,S.Sos (foto.co)


Kota Pariaman
- Pemerintah Kota Pariaman akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, 12 Februari 2022 mendatang. Kepastian Pilkades serentak pertama kali di Kota Pariaman sebagaimana dijadwalkan, akan diikuti Calon Kepala Desa (Cakades) sebanyak 68 orang dari 80 bakal calon yang mendaftar pada 18 Desa.


Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kota Pariaman Hendri, S.Sos ketika menjawab pertanyaan fajarharapan.id di ruang kerjanya, Jln.Nasri Nasar No.1 Pariaman, Kamis (06/01/22), sehubungan akan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022  yang telah melalui beberapa tahapan proses.


Kata dia, pada tahapan proses dengan sosialisasi dan penetapan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD). Kemudian, tahapan pencalonan melalui penjaringan, penetapan calon dan pencabutan nomor urut calon. Pilkades serentak pada Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 3 Desa, Pariaman Selatan 5 Desa dan Pariaman Utara 10 Desa.


Dalam tahapan proses Pilkades 2022, sebut mantan Camat Pariaman Timur ini, ada 4 Desa yang dilakukan seleksi tambah sebelum penetapan Cakades, disebakan bakal calon lebih dari 5 orang. Yakni Desa Tanjung Sabar, Kampung Baru Padusunan, Marunggi dan Cubadak Aie.


"Sedangkan Desa Simpang Kuraitaji, sebelumnya terdaftar hanya 1 bakal calon, maka dilakukan perpanjangan jadwal pendaftaran. Sehingga terdapat 2 Cakades disana untuk ikut Pilkades serentak Kota Pariaman 2022" ujar putra Batang Kabuang itu.


Ia menjelaskan tahapan penyampaian visi dan misi dari Cakades dihadapan P2KD dan Badan Perwakilan Desa (BPD), 5 Februari 2022 dengan peserta pendukung secara terbatas untuk menghindari klaster baru pandemi Covid-19. Sedangkan masa kampanye, 6 - 7 Februari 2022, dan masa tenang, 9 - 11 Februari 2022. Untuk pemungutan suara, 12 Februari 2022 pada 54 Dusun dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 58 titik, serta tercatat daftar pemilih tetap (DPT) 19863 suara.


"Hasil dari Pilkades itu, pada hari itu juga langsung dilakukan penetapan Cakades yang memperoleh suara terbanyak. Jikalau ada sanggahan akan diberikan waktu yang telah ditentukan untuk itu. Dan direncanakan pelantikan akhir Maret 2022. Insya' Allah, sebagaimana jadwal" jelas mantan Kadis Kominfo.


Ia mengakui seharusnya Pilkades serentak ini tahun 2021 sesuai habis masa jabatan Kades bersangkutan. Tetapi adanya masa pandemi Covid-19 terundur pelaksanaan tahun 2022. Kemungkinan gelombang kedua Pilkades serentak tahun 2023 mendatang.


"Untuk menghadapi pesta demokrasi tingkat Desa melalui Pilkades ini, tetap melaksanakan prosedur kesehatan (Prokes) Covid-19 secara ketat sesuai aturan. Disamping itu, agar warga masyarakat menjaga keamanan. Terutama kepada para pendukung dari masing-masing Cakades. Bila telah terjaga konstelasi politik secara damai dan kondusif, maka akan terhindar keributan ditengah-tengah masyarakat" harap Kadis PMD itu menghimbau warga masyarakat seraya mengajak untuk mempergunakan hak pilih secara baik dan bijak untuk pembangunan Desa masing-masing.(co).






ADSEN KIRI KANAN