Notification

×

Adsense atas

Adsen


Hajar Timor Leste, 5 Pemain Ini Jalani Debut Bareng Timnas Senior Indonesia

Jumat, 28 Januari 2022 | 14:35 WIB Last Updated 2022-01-28T07:35:44Z

 

Pemain Timnas Indonesia berfoto menjelang menghadapi Timnas Timor Leste Dom Lucas dalam pertandingan sepak bola Leg 1 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Kamis (27/1/2022).



Sebanyak lima pemain menjalani debutnya bersama Timnas senior Indonesia saat skuat Garuda menghajar Timor Leste. Siapa sajakah mereka?


Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan di laga FIFA Matchday pertamanya bulan ini kala menumbangkan Timor Leste di Bali, Kamis (27/01/22).


Dalam laga yang berlangsung di Stadion I Wayan Dipta itu, Timnas Indonesia berhasil melumat tim berjuluk The Rising Sun tersebut dengan skor 4-1.


Kemenangan Timnas Indonesia sendiri tak didapatkan secara muda. Pasalnya, anak asuh Shin Tae-yong sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Paulo Gali Freitas di menit ke-35, sebagaimana dikutip Suara.com.


Barulah di babak kedua Timnas Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dan membalikkan keadaan atas Timor Leste. Masuknya Pratama Arhan menjadi kunci keberhasilan skuat Garuda melakukan Comeback.


Timnas Indonesia mampu menyamakan kedudukan lewat Ricky Kambuaya di menit ke-65. Gol gelandang Persebaya Surabaya itu mampu disusul oleh gol Pratama Arhan lewat titik putih di menit ke-73.


Setelahnya, bek kiri PSIS Semarang ini mampu mengarsiteki dua gol tambahan Timnas Indonesia yang dicetak melalui gol bunuh diri Gerorgino da Silva di menit ke-77 dan Filomeno di menit ke-80.


Kemenangan ini pun menjadi kabar menggembirakan bagi pendukung Timnas Indonesia. Selain itu, kemenangan ini menjadi hasil manis bagi para debutan di skuat Garuda.


Tercatat, lima pemain melakukan debutnya bersama Timnas senior Indonesia di laga melawan Timor Leste. Tentu kemenangan ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi lima pemain tersebut di laga debutnya di pentas internasional.


Lantas, siapa saja lima pemain debutan tersebut? Berikut daftarnya.


1. Marselino Ferdinan


Pemain berusia 17 tahun ini menjadi salah satu debutan yang diturunkan Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste.


Marselino Ferdinan sendiri diturunkan Shin Tae-yong di babak kedua, tepatnya di menit ke-66 menggantikan Evan Dimas.


Laga melawan Timor Leste ini pun menjadi debut Marselino Ferdinan bersama Timnas senior Indonesia. Debut ini pun menjadi pencapaian manis bagi dirinya yang baru berusia 17 tahun.


2. Ronaldo Kwateh


Tak hanya Marselino Ferdinan saja pemain berusia 17 tahun yang diturunkan Shin Tae-yong di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste. Ada nama rekannya, Ronaldo Kwateh yang juga dimainkan.


Sama seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh masuk di paruh kedua, tepatnya di awal babak kedua di ke-46 menggantikan Ramai Rumakiek.


Debut yang didapatkannya itu menjadikan Ronaldo Kwateh pemain termuda sepanjang sejarah yang melakukan debut di Timnas Indonesia di ajang internasional dengan usia 17 tahun 3 bulan 8 hari, melewati catatan Asnawi Mangkualam (17 tahun 5 bulan 17 hari).


3. Sani Rizki


Berbeda dengan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang masuk di babak kedua, Sani Rizki menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia dengan turun sebagai starter.


Pemain milik Bhayangkara FC ini diplot sebagai bek kanan di laga melawan Timor Leste, berdampingan dengan Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Edo Febriansyah.


Meski sempat kikuk di awal-awal laga, Sani mampu tampil cukup solid setelahnya dan mengawal pertahanan Timnas Indonesia agar tak kebobolan lebih banyak gol.


4. Terens Puhiri


Terens Puhiri juga menjadi salah satu pemain berstatus debutan lainnya di laga Timnas Indonesia vs Timor Leste kemarin.


Ia melakukan debutnya di babak kedua, saat masuk menggantikan Irfan Jaya di 10 menit terakhir waktu normal pertandingan.


Pemain yang dikenal akan kecepatannya ini mampu unjuk gigi dan merepotkan pertahanan Timor Leste kendati dirinya tak mencetak gol maupun assist di laga ini.


5. Achmad Figo


Dibandingkan empat pemain sebelumnya, Achmad Figo mendapat debutnya di menit-menit akhir dan hanya bermain dalam rentang waktu yang relatif singkat.


Bek serba bisa milik Arema FC ini diturunkan Shin Tae-yong di menit ke-87 untuk menggantikan Rachmat Irianto.


Meski hanya bermain dalam waktu relatif singkat, debut ini menjadi kenangan manis dan apresiasi atas kinerjanya selama tampil bagi Arema FC di BRI Liga 1 2021-2022.


Kontributor: Zulfikar Pamungkas. (*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN