Notification

×

Adsense bawah

Adsen


H. Zakrianto Resmi Sandang Dt.Sutan Bando Rajo Suku Piliang Kinali

Kamis, 06 Januari 2022 | 08:29 WIB Last Updated 2022-01-06T01:29:43Z

Rombongan wakil gubernur disambut oleh Wakil Bupati Pasbar Risnawanto dan Tuanku Asrul Yang di Pertuan Kinali, Rabu (5/1/2022). (By Roni) 


Pasbar, fajarharapan.id - Tuanku H. Asrul, S.E, MH Yang Dipertuan Rajo Adat Kinali dan Ketua KAN Kinali, menobatkan H. Zakrianto menyandang gelar Dt. Sutan Bando Rajo di kaum Suku Piliang Kampung Batang Pareh, Jorong IV Koto, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu (5/1/2022). 


Acara batagak gelar Panghulu Dt. Sutan Bando Rajo dihadiri oleh Risnawanto Wakil Bupati Pasaman Barat dan juga Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy serta undangan lainnya.


Pengangkatan gelar kepada Zakrianto selaku Dt Sutan Bando Rajo dalam kaum Suku Piliang terhadap peresmian secara adat, dalam bahasa Minang disebut dengan batagak Panghulu Andiko (naiak gadang).


Menurut Tuanku H. Asrul, S.E, MH Yang Dipertuan Rajo Adat Kinali, apabila daging sudah dimamakan kuah sudah diminum, adat sudah diisi, limbago dituang (dipenuhi),  H. Zakrianto sudah sah pengangkatannya, dalam pepatah Minang, sudah siang nan bak hari alah ditarangan nan bak bulan (sudah jelas) tentu waris  bakaturunan.


Prosesi pengangkatan H. Zakrianto menyandang Dt.Sutan Bando Rajo Suku Piliang Kinali. (By Roni)


Juga desebut dalam pepatah Minangkabau, duduak sudah samo randah  tagak alah samo tinggi dengan niniak mamak Kinali, dan juga menjadi anggota Kerapatan Adat Nagari Kinali seluruh yang menjabat perangkat adat Dt. Sutan Bando Rajo selaku ninik mamak Kampuang Batang Pareh. Tk. H Asrul Yang Dipertuan Kinali juga menyebut dalam pepatah Minang, taruang masak sarumpun yang  jabatannya diwarisi turun temurun.


H. Anwir, S.H Dt. Bandaro, selaku pangulu nan ampek ninik mamak Ampek Koto dan juga sebagai sekretaris KAN Nagari Kinali menjelaskan kepads fajarharapan.id bahwa, atas nama ninik mamak Ampek Koto sudah ada membuat surat perjanjian.


Surat perjanjian tersebut adalah persetujuan bersama dengan Rajo Kerajaan Adat Kinali Tk.H. Asrul Yang Dipertuan Kinali terhadap batagak pangulu andiko langgam dan pengangkatan H. Zakrianto gelar Dt. Sutan Bando Rajo, kaum Suku Piliang di Kampuang Batang Pareh. (By Roni)


ADSEN KIRI KANAN