Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Ditemukannya Varian Covid-19 Omicron di Wilayah Jatim

Senin, 03 Januari 2022 | 07:34 WIB Last Updated 2022-01-03T00:34:56Z

 

.

Jakarta -
 Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengkonfirmasi bahwa dua warganya telah terpapar varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan oleh tim Institute Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair). Ia menyebut dua warga tersebut masih berkerabat.


Eri melanjutkan, awalnya seorang warga dinyatakan terinfeksi Omicron usai berlibur dari Bali dengan keluarga besarnya. Setelah dilakukan tracing alias penelusuran kontak erat, salah satu keluarga tersebut juga ikut terpapar Omicron sehingga sementara terdapat dua kasus Omicron di Kota Pahlawan itu.


Terpisah, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta warganya tak panik menyusul ditemukannya varian Covid-19 Omicron di wilayah Jatim. Khofifah mengatakan, terdeteksinya varian Omicron di Jatim ini tak bisa terelakkan. Sebab, salah satu karakter varian ini, yakni, penularannya yang sangat cepat.


"Kita tidak boleh panik, tapi yang terpenting harus waspada dengan cara memperketat protokol kesehatan," kata Khofifah, Minggu (2/1). Sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.


Khofifah lantas meminta semua pihak untuk menjaga kondisi supaya situasi di Jatim tetap baik dan terkendali. Yakni dengan mempertahankan jumlah kasus aktif agar tetap rendah, tingkat penularan juga terus diawasi agar bertahan di bawah angka satu persen dan jangan sampai terjadi lonjakan kasus.


Selain itu, Khofifah juga menekankan pentingnya vaksinasi dalam mencegah penularan Omicron. Vaksinasi menurutnya sebagai salah satu intervensi dalam menekan penyebaran Covid-19. Mantan Menteri Sosial RI ini pun meminta masyarakat untuk tidak mengendurkan protokol kesehatan, meskipun situasi di Jatim sudah melandai. (*)




ADSEN KIRI KANAN