Notification

×

Adsense atas

Adsen


3 Camat Zona Merah Respons Rencana Micro Lockdown Wagub DKI

Jumat, 21 Januari 2022 | 15:48 WIB Last Updated 2022-01-21T16:16:02Z

 

Suasana Micro Lockdown di Krukut Jakbar.


Jakarta - Camat Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Tomy Fudihartono mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI soal penerapan micro lockdown. Hal itu lantaran Kebayoran Baru masuk kategori zona merah Covid-19 varian Omicron.


"Nunggu arahan aja lah. Tingkat provinsi atau kota," kata Tomy saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (21/1).


Ia mengatakan berdasarkan data per 17 Januari, ada 21 kasus Covid-19 yang tersebar di 6 kelurahan. Tomy belum bisa memastikan puluhan kasus itu terpapar varian Omicron.


Enam kelurahan itu adalah Gandaria Utara, Cipete Utara, Selong, Rawa Barat, Gunung, dan Petogogoan.


"Ada yang sudah dirujuk ke Wisma Atlet," ujarnya.


Terpisah, Plt Camat Cilandak, Djaharudin mengatakan berdasarkan data terakhir, ada 14 orang yang terpapar Omicron di daerahnya. Ia menyebut, semuanya memiliki riwayat ke luar negeri.


"Tapi sebenarnya sudah selesai semua isolasi. Jumlahnya ada 14 orang. 8 orang itu berdomisili di luar Kecamatan Cilandak. Jadi hanya 6 orang yang berdomisili di Kecamatan Cilandak," kata Djaharudin.


Menurutnya, sebelumnya juga tidak ada penerapan micro lockdown di daerah itu."Enggak ada (micro lockdown). Sudah selesai isolasi, sudah jadi kosong-kosong," ujarnya.


Sementara Camat Kalideres, Naman Setiawan membenarkan ada kasus Covid-19 di daerahnya. Namun ia enggan menjelaskan jumlah pastinya.


"Saya nanti takut salah ngomong berkaitan dengan dirawat di mana. Enaknya kepala puskesmasnya ya. Kasus mungkin ada. Itu sebetulnya tidak zona merah menurut saya," katanya.


Ia juga menyebut, sebelumnya juga tidak ada penerapan micro lockdown di daerah itu.


"Itu enggak ada. Itu kan di satu tempat itu tiga (kasus). Itu udah dibawa ke rumah sakit. Lainnya itu kan yang dari pegawai lab bandara. Kasus kemarin," katanya.


Sebanyak lima wilayah di DKI Jakarta sebelumnya dilaporkan masuk dalam kategori zona merah penyebaran virus corona varian Omicron. Hal itu berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.


Dalam laporan tersebut, tercantum data itu dilaporkan terakhir pada Minggu (15/1). Merujuk data tersebut, Kemenkes menyatakan bahwa saat ini ada 174 kasus transmisi lokal Omicron. Dari 174 kasus tersebut, 87 persen atau 152 di antaranya berada di Jakarta.


Kategori merah berarti daerah tersebut mencatat lebih dari delapan pasien Omicron. Lima daerah yang masuk kategori 'zona merah' itu adalah Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Cilandak, dan Senen.


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya bakal menerapkan kebijakan micro lockdown terhadap lima daerah yang masuk kategori zona merah itu.(*)


adsensen-1

ADSEN KIRI KANAN