Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Wako Pariaman ; FKDT Berperan Penting, Desa dan Kelurahan Harus Punya Diniyah Takmiliyah

Rabu, 29 Desember 2021 | 12:27 WIB Last Updated 2021-12-29T05:40:43Z

Walikota Pariaman Genius Umar bersama Pengurus FKDT Kota Pariaman periode 2021-2026 di Balai Kota, usai peresmian pelantikan (foto.dok.nas).


Kota Pariaman
- Peran Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) sangat penting untuk membentengi generasi muda Kota Pariaman. Terutama dibentengi dengan keimanan dan menciptakan generasi Qur'ani, serta sebagai penyeimbang pendidikan informal dibidang keagamaan di Kota Pariaman.


Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar ketika melantik dan mengukuhkan Pengurus FKDT Kota Pariaman Periode 2021-2026, di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (28/12/21).


Kata dia, Kota Pariaman telah mempunyai program pembangunan pendidikan di bidang formal dan informal, sehingga akan tercipta keseimbangan antara dunia dan akherat bagi generasi muda Kota Pariaman.


Ia menegaskan, Pemerintah Kota Pariaman telah mempunyai pendidikan formal dengan Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun, dilanjutkan dengan program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) bagi warga tidak mampu. 


"Untuk kesuksesan program Saga Saja tersebut, kita bekerjasama dengan perguruan tinggi vokasi Negeri. Sehingga ketika mereka lulus nantinya, akan dapat memperoleh pekerjaan untuk memutus rantai kemiskinan keluarganya," harapnya.


Untuk penyeimbang antara pendidikan formal dan informal, sebut Genius Umar  peran FKDT diperlukan dalam memajukan MDTA, MDTW dan MDTU yang ada di Kota Pariaman.


"Kita telah membuat edaran dan aturan, agar setiap Desa dan Kelurahan, harus mempunyai MDA, MDTW dan MDTU. Untuk MDA untuk anak SD, MDTW untuk anak SMP dan MDTU untuk anak SMA," ungkapnya.


Ia berharap, agar mulai dari SD sampai SMA, seluruh anak-anak kita tetap terus mengaji. Sehingga mereka mempunyai bekal yang cukup untuk bisa membaca tulis al Qur'an. Masa mendatang, tidak ada ditemukan lagi anak-anak Kota Pariaman yang buta tulis baca al Qur'an nantinya.


"Semoga Pengurus FKDT Kota Pariaman yang baru ini, dapat mengemban amanah ini dengan baik, serta menjadi ladang ibadah atas pengabdiannya selama ini. Terutama mengajar mengaji dalam rangka mencerdaskan anak-anak kita dari buta baca dan tulis Al Qur’an," harapnya.


Secara terpisah, Ketua FKDT Kota Pariaman Drs.Nasril yang dihubungi fajarharapan.id usai peresmian pelantikan mengatakan dalam waktu dekat akan melaksanakan rapat pengurus sekaligus rapat kerja (Reker) menyusun program kerja untuk lima tahun kedepan.


Kemudian, kata dia, FKDT akan merancang jadwal untuk pelaksanaan ujian akhir bersama Kelas IV MDTA. Menghadapi Ujian Kelas IV MDTA ini, tentu dibutuhkan kesamaan pemikiran dan persepsi sesama pengelola MDTA.


"Tak kalah pentingnya, akan melaksanakan Pekan Olaraga dan Seni Diniyah (Porsadin) Tingkat Kota Pariaman bulan Maret 2022 mendatang. Hal demikian, sekaligus mempersiapkan Kontingen Porsadin Kota Pariaman ke ajang Porsadin Tingkat Sumbar bulan Juli tahun 2022 di Kota Padang nantinya" sebut pensiunan guru MAN Padusunan Pariaman itu. 


Acara pengukuhan dan pelantikan FKDT ini, dihadiri Ketua FKDT Sumbar Firdaus Ghani bersama rombongan, Kepala Kankemenag Miswan serta para undangan lainnya. 


Adapun susunan Pengurus FKDT Kota Pariaman priode 2021-2026 terdiri

Dewan Pembina : Wali Kota Pariaman, Ketua DPRD, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Dinas Pendidikan, Kabag Kesra, Ketua Baznas Pariaman, Kasi Pendis Kemenag Kota Pariaman.


Sedangkan Dewan Pertimbangan/Kode Etik tercatat Syaiful Azmi, S.Ag, Ema Marni, S.Ag, M.Pd, Drs. Elwi Yandri, M.Pd, Untuk Dewan Pengurus Harian (DPH) diketuai Drs.Nasri dengan Wakil Ketua I membidangi Organisasi dan Pendidikan Delpiadi, S.Pd.I, Wakil Ketua II membidangi Bakat dan Minat Nurkamal, S.Ag.


Sementara itu, Sekretaris Romi Andrianto, S.Pd didampingi Wakil Sekretaris I Muhammad Yani, S.Pd.I dan Wakil Sekretaris II Ilman Majalis, S.Sos.I, dan Bendahara  Rahmaneli, S.Pd, M.Pd dengan Wakil Bendahara Hj.Asmiati


Juga dilengkapi Bidang Organisasi dipegang Suhendra, SE dan Amril Suherman, S.Pd.I, M.Pd, Bidang Bakat dan Minat Santri Eva Warni, S.Ag, dan Fantur Bahri,S.Pd.I,  Bidang Pendidikan Edi Suherman,S.Si dan Radiah, S.Pd.Bidang Humas dan Sosial Ipsabul, S.Pd.I dan Sovia Marlina, S.Pd.I, sedangkan Bidang Amal Usaha Dewi Septiani, S.Pd, M.Pd bersama Cici Suganti,S.Pd. (mc-saco).







ADSEN KIRI KANAN