Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Polda Papua Gelar Pelatihan Kehumasan, Segini Pesertanya

Rabu, 29 Desember 2021 | 19:33 WIB Last Updated 2021-12-29T12:33:21Z

.


Papua, fajarharapan.id -  Rabu 29 Desember 2021 di Aula Rastra Samara Polda Papua, dilaksanakan pelatihan Kehumasan Polda Papua dengan Tema “Optimalisasi Media Digital Humas Polri”.


Adapun yang hadir dalam kegiatan Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua Kompol Agus Hariadi, S.Sos., M.M., PS. Kaur Pemanalis Multimedia Bid Humas Polda Papua AKP Sebastianus A. Anoith, Dosen Universitas Muhammadiyah Jayapura Muh. Arif, S.I.Kom, Dosen Universitas Muhammadiyah Jayapura Rhidian Y. Wasaraka, S.Kom, M.Si., Kasubag Humas Polres Jayapura Iptu Iwan, Paur PK Multimedia Bid Humas Polda Papua Ipda Syamsudin Lie, PS. Kasubbid Penmas Humas Polresta Jayapura Kota Bripka M. Subhan, S.H., Personel Bid Humas Polda Papua dan Personel Humas Polres Jajaran Polda Papua.


Pada kesempatannya narasumber Muh. Arif, S.I.Kom menyampaikan mengenai foto jurnalistik adalah bagian dari dunia jurnalistik yang menggunakan bahasa visual untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas dan tetap terikat kode etik jurnalistik.


Foto jurnalistik bukan sekadar pengambilan gambar semata. Ada etika yang selalu dijunjung tinggi, ada pesan dan berita yang ingin disampaikan, ada batasan batasan yang tidak boleh dilanggar dan ada momentum yang harus ditampilkan dalam sebuah frame. Hal terpenting dari fotografi jurnalistik adalah nilai-nilai kejujuran yang selalu didasarkan pada fakta obyektif semata.


Etika Foto Jurnalistik di Indonesia yaitu Jurnalistik menjunjung tinggi hak masyarakat untuk memperoleh informasi visual dalam karya foto jurnalistik yang jujur dan bertanggung jawab. Jurnalistik adalah insan professional yang mandiri dan independent. Jurnalistik dalam menjalankan tugasnya harus mendahulukan kepentingan umum untuk mendapatkan informasi sosial.


Usai narasumber memberikan materi, kemudian dilanjutkan dengan praktek singkat sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh narasumber.


Usai melaksanakan praktek kemudian dilanjutkan dengan penyampaian narasumber kedua ibu Rhidian Y. Wasaraka, S.Kom, M.Si. yang menyampaikan literasi digital dan penggunaan sosial media. Literasi digital perlu didorong agar masyarakat dapat memiliki kecakapan dalam mengelola informasi yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).


Ada 4 Pilar literacy digital, yang pertama Digital Skill yaitu agar kita lebih produktif dalam menggunakan internet, Digital Etik yaitu agar kita tau etika dan budaya berinternet, Digital Culture agar kita bisa tetap mempertahankan budaya bangsa kita namun tetap mengikuti perubahan jaman, Digital Safety agar kita bisa aman dan nyaman selama menggunakan internet.


Provinsi Papua memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.435.430 jiwa dan pengguna internet sebanyak 2.901.936 orang sedangkan Papua Barat memiliki jumlah penduduk sekitar 1.134.068 jiwa dan pengguna internet 722.722 orang.


Usai mendengarkan materi dari narasumber, kemudian Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua Kompol Agus Hariadi, S.Sos., M.M. menutup kegiatan Pelatihan Kehumasan Polda Papua dengan Tema “Optimalisasi Media Digital Humas Polri” secara resmi.(fks)


ADSEN KIRI KANAN