Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Pemkab Tanah Datar Berikan Reward Bagi Pemenang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

Senin, 27 Desember 2021 | 20:38 WIB Last Updated 2021-12-27T13:38:15Z

 



Tanah Datar, fajarharapan,id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan, Saat ini kita sudah berada pada tahap ke-3 pelaksanaan reformasi birokrasi 2010-2025. Tahap ini sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan reformasi birokrasi dan salah satunya adalah reformasi birokrasi dalam peningkatan pelayanan publik,".


Hal itu dikatakan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM pada penyerahan piagam penghargaan tingkat kepatuhan tinggi dan rapor hasil pemenuhan komponen standar pelayanan publik bagi perangkat daerah dan pemerintah nagari tahun 2021serta 

penyerahan hadiah pemenang kompetisi inovasi pelayanan publik pemerintah nagari tahun 2019, di aula kantor Bupati setempat, Senin (27/10).


Dikatakan, sebahagian masyarakat pada tahap ke-3 reformasi birokrasi ini masih menilai pemerintah belum optimal dalam memberikan pelayanan publik. salah satu penyebabnya adalah saat ini kita sedang menghadapi tantangan besar yaitu pandemi covid-19. 


"Pandemi ini telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan, utamanya sektor ekonomi dan sosial. kita dihadapkan ketidakpastian dan dituntut untuk terus bersiap dengan segala perubahan" jelas Bupati


Untuk menghadapi ancaman dan tantangan pandemi covid-19 ini pihaknya bersama Wakil Bupati, telah menyiapkan kebijakan untuk mengatasi persoalan tersebut yaitu dengan program unggulan yang dikenal dengan peluk tanda diri yaitu (pelayanan publik Tanah Datar di ujung jari), Tambahnya


Untuk itu dalam upaya pemberian pelayanan publik kepada masyarakat Tanah Datar agar semakin baik, efektif, efisien dan nyata, menurutnya.


Selanjutnya, Inovasi peluk tanda diri ini telah perkenalkan pertama kali kepada masyarakat pada tanggal 27 mei 2021 bertempat di nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, yang merupakan salah satu program 100 hari kerja kami sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih. Layanan peluk tanda diri ini sudah mengakomodir tiga perangkat daerah yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja serta Dinas Kesehatan.


"Sebagai bentuk apresiasi kami terhadap kerja keras seluruh perangkat daerah dan pemerintah Nagari, pada kesempatan ini kami akan menyerahkan hadiah kepada pemerintahan Nagari yang telah memenangkan kompetisi inovasi pelayanan publik pemerintah Nagari tahun 2019," ucap Bupati Eka.


Pemenang Kompetisi inovasi pelayanan Pbiblic tersebut adalah juara I, Nagari Batu Taba dengan inovasi pelayanan prima 00.00. Terbaik II Nagari Simpuruik dengan inovasi forlamansi (informasi pelayanan administrasi masyarakat nagari simpuruik) dan terbaik III, Nagari Kumango dengan inovasi silat kumango (sistem pelayanan antar jemput)


Pada kesempatan itu Bupati Eka juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Datar bahwa pemenuhan komponen standar pelayanan publik di setiap perangkat daerah telah menunjukkan peningkatan yang sangat tinggi yaitu dengan keberhasilan memperoleh nilai di atas 80 atau dengan tingkat kepatuhan tinggi.


" begitu juga dengan 39 pemerintah nagari yang memperoleh nilai di atas 80 atau dengan tingkat kepatuhan tinggi. kami sangat berharap dari perangkat daerah serta pemerintah nagari yang telah mendapatkan predikat tingkat kepatuhan tinggi ini, dapat melanjutkan dan melahirkan inovasi dalam hal pelayanan publik yang merupakan salah satu muara dari pemenuhan komponen standar pelayanan publik.(Veri)


ADSEN KIRI KANAN