Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Pascabanjir Rob Sampah di Kota Banjarmasin Membludak

Rabu, 22 Desember 2021 | 15:58 WIB Last Updated 2021-12-22T08:58:02Z

Marzuki


Banjarmasin, fajarharapan.id - Banjarmasin yang menjadi status siaga banjir di musim penghujan ini, membuat aliran-aliran air disungai kecil jauh lebih ekstra meningkat volumenya dari volume normal biasanya.


Hal ini membuat semua sampah-sampah keluarga mau pun sampah pasca banjir rob ini menjadi membludak dua kali lipat soalnya sampah-sampah yang terkurung di bawah-bawah rumah warga juga ikut mengeluar disaat air sungai ikut naik pasang menggenangi ruas jalan.


Contonya seperti sampah-sampah yang menumpuk setiap sore di jalan kelayan B sekitar pasar kelayan dan juga sampah yang menumpuk didaerah jalan lingkar selatan sekitar Ukhuwah.


Hal ini membuat petugas kebersihan harus bekerja ekstra dua kali lipat dari biasanya agar sampah-sampah yang menumpuk tidak kesana kemari pasca banjir rob ini


Saat ditemui di kantor DLH (Dinas Lingkungan Hidup), Banjarmasin, Marzuki Kabid Kebersihan dan penanganan sampah. atau yang sering disapa akrab dengan sebutan bang jack ini membenarkan. Bahwa pihaknya dalam beberapa minggu ini sudah meninjau sendiri ke tempat-tempat pembuangan sampah yang ada di kelayan B dan Lingkar Selatan sampah tersebut sangat membludak apa lagi dikala sore. Rabu (22/12).


"Iya yang saya liat belakangan ini apa lagi pasca banjir rob ini volume sampah sangat meningkat dratis dari biasa karena bukan cuma sampah keluarga saja yang menumpuk akan tetapi sampah pasca banjir pun juga ikut tertumpuk bersama hal ini membuat tim petugas kebersihan kami harus bekerja lebih ekstra lagi dari pada biasa," ungkap Marzuki.


Perlu diketahui untuk tempat pembuangan sampah yang ada di kelayan B itu bukan cuma warga kelayan B saja yang menumpuk kesana akan tetapi warga dari kelurahan lain yang masuk di kecamatan Banjar Selatan juga ikut membuang sampah didaerah tersebut sama halnya seperti tempat pembuangan sampah di Lingkar Selatan begitu pun juga.


Namun dalam hal ini Marzuki atau yang sering disapa bang Jack ini tidak tinggal diam pihaknya selalu menurunkan petugas kebersihan dalam hal ini untuk tumpukan sampah yang berada dijalan Kelayan B.


"Iya kami kali ini bisa menurunkan dua kali truk pengangkut sampah dari hari biasa. Yang kemungkinan bisa dua kali hingga lebih pengangkutan sampah tersebut agar tidak membludak," bebernya


Namun untuk antisipasi berikut sebagai penanganan sampah di wilayah terkait tersebut Bang Jack sudah mencoba untuk mencari lahan kosong untuk tempat pembuangan sampah yang nantinya dibeli pihak pemkot Banjarmasin.


"Iya kita sudah mengusul agar tumpukan sampah didaerah tersebut tidak menumpuk lagi dan mencari solusinya dengan mencari lahan kosong di sekitar daerah tersebut agar bisa dibeli oleh pihak pemkot Banjarmasin untuk dibuat tempat pembuang sampah nantinya," kata Jack


Namun sebelum semua itu terwujud pihaknya dalam hal ini lebih mengutamakan pihak petugas kebersihan untuk bekerja lebih ekstra dalam penanganan sampah di wilayah tersebut. (feb)


ADSEN KIRI KANAN