Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Mahkamah Adat Alam Minangkabau Kukuhkan Pengurus Pada Milad ke-9

Rabu, 29 Desember 2021 | 23:06 WIB Last Updated 2021-12-29T16:06:00Z

 



Tanah Datar, fajarharapan.id - Mahkamah Adat Alam Minangkabau (MAAM) memasuki usia ke 9 diperingati, rabu (29/12-2021) di Hotel Emersia Batusangkar .


Milad ke-9 MAAM dengan kegiatan pengukuhan Pengurus MPT MAAM masa peeiode tahun 2021-2026 dan melaksanakan pendidikan dan latihan terkait Hukum Adat Salingka Nagari dari 29-39 Desember 2021 diikuti peserta dari lintas nagari se- Aam Minangkabau.


Kepada Wartawan Pucuak Bulek Alam Minang Kabau, Irwansyah Dt. Katumanggungan didampingi Mejelis Pimpinan Umum dan Penitia Pelaksana Milad dalam pertemuan dengan Wartawan, Rabu (29/12-2021) di Emersia Hotel menjelaskan kronologis berdirinya MAAM.


Menurut Tengku Irwansyah, MAAM merupakan Organisaai kemasyarakatan yang saat ini dibutuhkan masyarakat Minangkabau dalam rangka menjaga dan menegakkan hukum Adat Minangkabau. 


Dijelaskan bahwa, MAAM sebagai Ormas yang memiliki badan hukum dan yang mendirikannyapun para niniak mamak Minangkabau dicetus di Batu Batikam, Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.


"Hari ini MAAM memperingati Miladnya yang ke 9 sekaligus mengukuhkan Kepengurusan baru yang terdiri dari Limbago Majelis Tinggi dan Majelis Pimpinan Tinggi (Pengurus Harian). Jelas Tengku.


Ditambahkan bahwa saat ini MAAM ada ditingkat pusat merupakan organisasi Nasional yang berada di daerah, sementara pengurus Kabupaten/kota dan Nagari saat ini belum dibentuk.


Salah satu upaya yang telah dilakukan MAAM adalah memperjuangkan hak-hak masyarakat Minangkabau terkait dengan kemaslahatan tanah Ulayat di Minangkabau yaitu meminta pemerintah merevisi Undang-Undang Minibus Law Cipta Kerja,. terang Tengku. (Veri)


ADSEN KIRI KANAN