Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Kota Pariaman Dinobatkan Sebagai Daerah Terinovatif 2021

Rabu, 29 Desember 2021 | 14:59 WIB Last Updated 2021-12-29T08:16:18Z

Walikota Pariaman Genius Umar ketika menerima Penghargaan IGA dari Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Rabu (29/12/21) sebagai Daerah terinoatif tahun 2021.(foto.dok.mc)


Kota Pariaman
- Dipenghujung tahun 2021 ini, Pemerintah Kota Pariaman menerima penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2021 sebagai daerah terinovatif dari Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri RI di Jakarta, Rabu (29/12/21).


Mantan Kapolri RI ini mengatakan pemberian penghargaan ini dilaksanakan setiap tahun. Dan kegiatan ini tidak hanya sekedar ceremonial belaka, apalagi hanya untuk menghabiskan anggaran saja. 


"Namun, kami mendorong kita semua untuk melakukan terobosan kreatif dan inovatif, sehingga betul-betul memberikan kontribusi kepada dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tegasnya.


Ia menginstruksikan tidak hanya daerah yang melakukan inovasi saja yang diumumkan. Juga kepada daerah yang tidak bisa dinilai atau tidak melakukan inovasi, sehingga publik tahu dan daerahnya bisa berbenah dan termotivasi untuk berinovasi.


Tito juga mengungkapkan Tim Penilai dari penghargaan ini melibatkan antar Kementrian dan lembaga seperti Kemenkeu RI, Bappenas RI, akademisi dari UI, NGO dan media. “Sehingga penilaianya lebih objektif dan menjadi kebanggaan bagi daerah karena bukan karena alasan titipan”, ungkapnya.


Mendagri juga mengungkapkan, Indonesia menuju negara dominan pada Tahun 2050. Hal itu didasarkan memiliki jumlah penduduk yang banyak. Lagi  mendapatkan bonus demografi, memiliki SDA yang melimpah dan memiliki wilayah yang luas kelima di dunia.


Ketiga faktor di atas bisa didongkrak dengan cara pemerintahan pusat menjalankan pemerintahan yang efektif bersama kepala daerah dalam satu komando demi menyejahterakan rakyat Indonesia. “Kemudian 70 ribu desa bergerak menjadi pusat ekonomi baru dan menyediakan lapangan kerja baru, sehingga muncul sentra-sentra ekonomi baru, inilah yang akan membawa indonesia bergerak maju”, harapnya.


Sementara itu, Wako Pariaman Genius Umar menyatakan dihadapan Mendagri RI dan kepala daerah lainnya, Pemda khususnya Kota Pariaman sangat termotivasi dengan dengan penghargaan ini.


"Kami pemerintah daerah diantara keterbatasan yang ada, sangat terpacu dan mencari cara-cara kreatif serta solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, ujarnya mewakili.


Kami, sebut dia, juga berpacu diantara daerah-daerah di Indonesia memberikan yang terbaik untuk Indonesia lebih maju dan sejahtera.


Menurutnya, penghargaan ini merupakan bukti Kota Pariaman adalah kota yang sangat inovatif. Juga kita mendapat Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 9 Milyar dari Kemendagri. Tentunya, sangat bermanfaat ditengah keterbatasan anggaran yang kita punya untuk Tahun 2022 mendatang.



Penghargaan IGA ini, kata Wako Genius Umar, yang diberikan pemerintah Pusat kepada pemerintah Provinsi dan Kab/Kota, sebagai apresiasi akan inovasi yang telah berhasil dilakukan daerah tersebut. 


"Adapun Inovasi yang dinilai adalah di bidang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah,” tutur Genius.


Pada ajang IGA Tahun 2021, ada 14 Pemerintah Daerah yang mendapat kategori Sangat Inovatif yang mewakili untuk penerima penghargaan ini, terdiri dari 3 Provinsi, 7 Kabupaten, 2 Kota dan 2 daerah perbatasan, serta 31 Pemerintah Daerah terinovatif yang mewakili untuk penerima penghargaan ini terdiri dari 5 Provinsi, 10 Kabupaten, 10 Kota dan 3 Daerah Perbatasan.


Sedangkan keseluruhan penghargaan Kota Sangat Inovatif IGA tahun 2021 ini didapat 8 Provinsi, 17 Kabupaten, 12 Kota, 5 Daerah Perbatasan dan 3 Daerah Tertinggal. (mc-saco).





ADSEN KIRI KANAN