Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Luar Biasa, Kota Pariaman Borong 9 Kategori RKCI 2021

Senin, 27 Desember 2021 | 20:08 WIB Last Updated 2021-12-27T13:19:40Z

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengikuti  secara virtual tentang pengumuman RKCI Tahun 2021 yang diselenggarakan ITB. (foto.dok.mc)


Kota Pariaman
- Kota Pariaman raih kesemua kategori Penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2021. Kesuksesan Kota Pariaman yang berhasil menyabet penghargaan itu, diumumkan pada acara penutupan Rating Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan RKCI 2021 yang diselanggarakan secara virtual di ruang kerja walikota, Balaikota Pariaman, Senin (27/12/21).


Penghargaan ini merupakan ajang 2 Tahunan yang dilakukan Institut Teknologi Bandung (ITB) yang melaksanakan riset terkait Rating Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan RKCI 2021.


Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Adi Junaidi dan jajaran yang mengikuti kegiatan ini.


Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga penghargaan ini dapat kita raih kembali.


"Alhamdulillah, Kota Pariaman borong kesemua kategori penghargaan RKCI yang digagas ITB ini, sebanyak 9 bidang tersebut," ucapnya.


Genius Umar menjelaskan penelitian yang dilakukan ITB bertujuan memotret kesiapan digital kota, juga memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kondisi dan permasalahan kota. Untuk itu, dirinya mengaku bersyukur Kota Pariaman berhasil meraih penghargaan sekaligus.


"Kita berkomitmen mengembangkan Kota Pariaman seiring dengan kemajuan era digitalisasi saat ini. Sejak Tahun 2014, Kota Pariaman  telah memulai menjadikan Kota Pariaman sebagai Samrt City. Untuk mewujudkan hal demikian, memerlukan dukungan dan kerjasama dari semua pihak. Juga kita telah berhasil melaksanakan hal tersebut," ungkapnya.


Kata dia, Riset RTDI dan RKCI 2021 merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pengukuran terhadap implementasi konsep kota cerdas di Indonesia. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan lancar sebagai bahan evaluasi dan masukan untuk kemajuan perkembangan kota khususnya dan Indonesia umumnya.


"Semoga yang telah kita capai ini, dapat meningkatkan kinerja kita bersama dalam mewujudkan Kota Pariaman yang Smart City. Lagi, dapat menjangkau semua lapisan masyarakat bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kita," ujarnya.


Adapun 9 Kategori Penghargaan yang diperoleh Kota Pariaman dengan kategori (1). Kota Kecil Menuju Kota Cerdas, (2). Kota Kecil Ekonomi Cerdas, (3). Kota Kecil Masyarakat Cerdas, (4). Kota Kecil Lingkungan Cerdas, (5). Kota Kecil Mobilitas Cerdas, (6). Kota Kecil Kesehatan Cerdas, (7). Kota Kecil Kota Tangguh, (8). Kategori Kota Kecil Tanggap Perubahan Iklim, (9). Kota Kecil Energi Cerdas . (mc-saco).




ADSEN KIRI KANAN