Notification

×

Adsense bawah

Adsen


Jelang Nataru Waspadai Varian Omicron, Rembang Genjot Vaksinasi dan Operasi Yustisi

Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:55 WIB Last Updated 2021-12-18T13:55:25Z

.

Rembang, fajarharapan.id - Tak ingin kecolongan, munculnya Covid -19 varian baru Omicron, sejumlah langkah untuk mewaspadai apalagi di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Agus Setyo Hadi Purwanto, selaku Direktur RSUD Dr. R Soetrasno Rembang, saat di temui wartawan di kantornya Sabtu, (18/12/2021) mengatakan seluruh tenaga medis rumah sakit yang melayani pasien Covid-19 itu akan tetap disiapkan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.


"Kami juga siapkan sarana prasarana termasuk obat-obatannya serta kita persiapkan," kata Agus, Sabtu (18/12 2021).


Menurut Agus, rumah sakit R Soetrasno sudah mempersiapkan tempat tidur ICU untuk perawatan pasien Covid-19 dan tempat tidur untuk isolasi. Rumah sakit juga memiliki pasokan oksigen yang sudah disiapkan sehingga diharapkan tidak ada kekurangan apabila dibutuhkan.


"Rumah sakit sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi gelombang ketiga ini, ya kita harapkan tidak terjadi ya. Tapi kita sudah antisipasi itu," ujarnya.


Sementara Humas Satgas Covid -19 Kabupaten Rembang Arif Dwi Sulistya mengemukakan pencapaian target vaksinasi lansia dan masyarakat umum sebagai langkah perioritas yang terus digenjot.


Disamping itu, sebagai pendukung agar target tercapai, kegiatan operasi Yustisi dengan berkolaborasi dengan pihak - pihak terkait akan terus dilakukan. Tempat-tempat umum seperti kafe, pasar dan warung makan sebagai targetnya.


Sementara pos pembatasan akan dioptimalkan pada pembatasan Rembang -Tuban di Desa Temperak Kecamatan Sarang yang akan melibatkan selain Dinas Perhubungan juga akan melibatkan personel lainnya, termasuk TNI.


"Ada beberapa yang kami lakukan termasuk percepatan vaksinasi anak 5-11 tahun, operasi Yustisi di keramaian Tracing dan dan testing, serta pengetatan ditempat wisata dan ruang publik," ujar Arif.


Soal kewaspadaan terhadap varian Omicron ini merupakan perintah pemerintah pusat.


Sedangkan dari sisi medis, Pemkab juga memastikan ketersediaan obat dan Oksigen di rumah sakit.


"Perintah dari Bapak Presiden vaksinasi dan Masker adalah tameng masyarakat. Ide untuk operasi yustisi, vaksin di tempat keramaian, konsepnya dapat disiapkan secara gabungan TNI, Polri, Satpol dan tenaga kesehatan," jelasnya.


Data Satgas 19 Rembang saat ini hanya ada satu kasus aktif Covid -19. Sementara sisa kontak erat saat ini masih tersisa 15 orang.(agung)




ADSEN KIRI KANAN