Notification

×

Adsense bawah

Adsen


AKBP-STIE "KBP" Padang Wisuda 350 Sarjana

Sabtu, 18 Desember 2021 | 20:51 WIB Last Updated 2021-12-19T00:44:37Z

Ketua Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional Sumatera Barat Drs.Daswir Siddik.,SH.,MH.


Padang, fajarharapan.id - Akademi Keuangan dan Perbankan "Pembangunan", Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "Keuangan, Perbankan dan Pembangunan" (AKBP-STIE “KBP”) Padang, terus berupaya memperbaiki mutu dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa, guna menghadapi persaingan dunia pendidikan.


Hal ini dibuktikan, dari semua Program Studi (Prodi) di AKBP-STIE "KBP" Padang, dibawah binaan Yayasan Lembaga Pembangunan Nadional Sumatera Barat (YLPNSB), telah memperoleh nilai akreditasi B, begitu juga dengan Institusi Pendidikan dengan nilai akreditasi B, sedangkan dari segi dosen AKBP, telah bersertikasi yang baru mencapai 83 % dan dosen STIE"KBP" mencapai 68 %


Direktur AKBP "KBP" Padang  Dr. Afriyeni. SE. MM mengemukan hal itu, dalam sambutanya pada prosesi wisuda Periode II dan III sarjana AKBP ke 75, STIE ke 65 dan S II MM ke 35, melalui rapat senat terbuka yang pimpin oleh Ketua Senat AKBP-STIE "KBP" Padang Ratna Widayati, SH, MH di Pangeran Beach Hotel, Sabtu, (18/12/2021).


Upaya perbaikan dan peningkatan daya saing pendidikan tersebut jelas Dr. Afriyeni, dimaksudkan untuk menumbuhkan karya- karya yang inofatif, sehingga dapat meningkatkan daya saing Prodi yang ada di AKBP-STIE "KBP" Padang.


Sesuai visi AKBP, yakni Tahun 2025, diharapkan AKBP bisa menjadi Perguruan Tinggi (PT) yang berkualitas di Tingkat Nasional dalam bidang Keuangan dan perbankan, sedangkan visi STIE "KBP",  menjadi PT yang bermutu di Indonesia pada Tahun 2025 nanti, imbuh Dr. Afriyeni.


Wisudawan- wisudawati yang berjumlah 350 orang itu, terdiri dari Program Studi (Prodi) Keuangan dan Perbankan Diploma Tiga (D III) AKBP, berjumlah 47 orang, kemudian Prodi Manajemen 122 orang dan Prodi Akutansi 50 orang, masing- masing dari Strata Satu (S I) STIE "KBP", sedangkan Prodi Magister Manajemen (MM) Strata Dua (S II), sebanyak 131 orang.


Dengan wisuda ini, maka D III AKBP telah menghasilkan lulusan sebanyak 5.140 orang, SI STIE "KBP" 4.643 orang dan S II MM 1.567 orang,


Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Pembangunan Nadional Sumatera Barat (YLPNSB), Drs. Daswir Siddik.,SH.,MH., mengatakan, dengan dilantiknya widudawan- wisudawati  AKBP-STIE "KBP" ini, maka keberadan lembaga ini, bukan sebagai pelengkap dari dunia pendidikan, namun hadir secara bersama- sama untuk menunjukan daya saing dan duduk bersaing dengan Perguruan Tinggi (PT) lainya.


Melalui wisuda ini, ia mengucapkan selamat kepada wisudawan- wisudawati, namun pertanggung jawabkan dan manfaatkanlah ilmu pengetahuan yang telah diperoleh memalui bangku almater, baik untuk menunjang pekerjaan, berbagi dengan keluarga dan masyarakat maupun untuk bangsa dan Negara.


"Pihak kampus percaya, bahwa saudara memilih AKBP- STIE "KBP" Padang, adalah sebagai tempat pendidikan yang baik dan bermutu", namun jangan takut bersaing dan berkompetisi dalam memperjuangkan kehidupan kearah yang lebih baik", ungkap Daswir Diddik


Guna meningkatkan daya siang pendidikan, yayasan secara bersama dengan pimpinan akademik serta pembinaan dari Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat dan binaan dari LLDIKTI Wilayah X, sehingga bisa meningkatkan mutu dan kuantitas pendidikan dari lembaga pendidikan ini.


"Yayasan, terus mendorong pipimnan akademik untuk meningkatkan mutu sumber daya staf pengajar serta karyawan dan meningkatkan kapasitas prasarana pendikan untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar, sehingga terasa nyaman menjalani pendIdikan, ujarnya.


Di tempat yang sama Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, diwakili Sekretaris LLDIKTI Yandril., SH. MH   mengatakan, akibat perubahan teknologi yang pesat dan cepat dalam kehidupan sehari- hari sehingga perlu disadari, begitu juga dengan tatangan yang dihadapi sumber daya manusia (SDM) kususnya mahasiswa, sangat jauh berbeda dibanding generasi sebelumnya


Dalam upaya memenuhi kebutuhan SDM yang unggul dimasa depan itu,  tidak bisa terpenuhi berdasarkan pengalaman masa lalu, namun harus memiliki kompetensi dan berbagai bidang ilmu pengetahuan.


Perguruan Tinggi (PT), termasuk AKBP-STIE "KBP" Padang, harap Yandri harus berupaya secara maksimal dan cepat, agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan SDM yang unggul itu dimasa mendatang.


Pada prosesi wisuda AKBP-STIE "KBP" Tahun 2021 periode II dan III yang dihadiri Asisten II Setdaprov Sumbar, Beny Warlis itu, juga dinyatakan 7 orang sebagai lulusan terbaik.


Tiga orang lulusan terbaik pada wisuda periode II itu, diberikan penghargaan kepada Putri Yanti, Prodi Keuangan dan Perbankan dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3, 82, dari D III AKBP, sedangkan Devi Oktavia Prodi Akutansi, IPK 3, 78 dan Widia Asari Prodi Manajemen IPK, 3, 85  keduanya dari SI STIE "KBP".

 

Kemudian lulusan terbaik melalui wisuda periode III, yakni Zakiyah Dwi Rahma Diva Prodi Keuangan dan Perbankan D III AKBP, dengan IPK  3, 36, Fifi Anggraini Prodi Akutansi, IPK 3, 37 dan Lenggo Sri Asih Prodi Manajemen IPK 3, 50, masing- masing dari STIE, sedangkan Erawati Urai, Prodi Magister Manajemen dengan IPK 3, 88 dari S II. (RDz)


ADSEN KIRI KANAN