Notification

×

MGID ATAS

Adsen


SMKN 2 Banjarmasin Jalin Kerja Sama dengan DUDIKA

Kamis, 11 November 2021 | 20:47 WIB Last Updated 2021-11-11T13:48:20Z

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Kepala Dinas Pendidikan Prov Kalsel saat diwawancarai wartawan.


Banjarmasin, fajarharapan.id - SMKN 2 Banjarmasin mengelar acara kegiatan workshop pelaksanaan komitmen Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA).


Workshop ini bertujuan untuk perekrutan dan penyaluran lulusan serta pemanfaatan fasilitas bersama Forum Ekonomi Kreatif Banjarmasin, Kamis (11/11). 


Dalam kesempatan tersebut, SMKN 2 Banjarmasin melakukan penandatangan MoU dengan DUDIKA dan Forum Ekonomi Kreatif Banjarmasin untuk menjalin kerjasama.


Dalam acara tersebut dihadiri oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan H M Yusuf Effendi Bappeda Kalsel dan Kepala Sekolah SMK 2 Banjarmasin.


Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina ingin dengan terjalinnya kerjasama itu bisa untuk memaksimalkan kompetensi peserta didik dalam menghadapi dunia kerja dan industri saat kelulusan nanti.


"Ini paling penting. Jangan sampai nanti mereka tidak memiliki kompetensi sehingga tidak punya kemampuan dan jadi tertinggal," ucap Ibnu. 


Mengingat dalam situasi pemulihan perekonomian nasional saat ini setelah pandemi Covid-19, Ibnu Sina juga berharap agar para peserta didik bisa untuk mengembangkan potensinya terutama dalam bidang konten kreator yang saat ini menjadi profesi hitz di kalangan generasi milenial.


"Memang revolusi industri itu menciptakan sebuah kesempatan baru. Walaupun ada pekerjaan lama yang hilang, tapi ada kesempatan pekerjaan baru seperti konten kreator, animasi, dan sebagainya," ucapnya.


Menurut Kepala Disdikbud Kalsel, H. M. Yusuf Effendi, menambahkan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk hal yang penting untuk dijalin dalam mensinkronisasikan integrasi dengan kurikulum.


"Kalau sudah ada sinkronisasi integrasi dengan dunia usaha dan industri. Maka akhirnya nanti ketika proses pendidikan berjalan, out putnya itu pasti sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri," jelasnya.


Tak hanya itu, sekolah juga akan terbantu dengan adanya Ruang Praktek Siswa (RPS) langsung dari instansi yang telah menjalin kerjasama.


"Misalnya kemarin kita melakukan kerjasama dengan pihak PT. PLN terkait program listrik pembangkit. Nah itu diperkenankannya RPS anak-anak kita untuk praktek," terangnya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Banjarmasin, Munawar menjelaskan bahwa ada 9 kompetesi keahlian dalam berbagai bidang yang ada di SMKN 2 Banjarmasin, "Ujarnya.


"Jadi tadi ada sekitar 36 berMoU dalam rangka mengejar tuntutan sekolah PK," sebut Munawar. 


Melalui kerja sama ini, diharapkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan karakter akan terbentuk dengan baik serta tercapai dan dilakukan secara proses bersama-sama antara sekolah dengan dunia kerja dan industri. (feb)


ADSEN KIRI KANAN