Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Sekdako Pariaman Tinjau Pelaksanaan ANBK

Selasa, 16 November 2021 | 13:07 WIB Last Updated 2021-11-16T06:07:59Z

Sekdako Pariaman bersama rombongan tinjau pelaksanaan ANBK di SD 04 Kajai, Pariaman Timur (foto dok.mc)


Kota Pariaman - Sekretaris Daerah Kota Pariaman (Sekdako) Yota Balad didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman Kanderi dan para pengawas memantau pelaksanaan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN 04 Kajai dan SDN 12 Cubadak Mentawai, Kecamatan Pariaman Timur, Selasa (16/11/21) pagi.


Pelaksanaan ANBK untuk murid kelas V (lima) SD/MI ini dilaksanakan di 79 SD/MI se Kota Pariaman yang dimulai sejak kemarin, Senin, 15 November 2021.


"Hari ini kami meninjau langsung pelaksanaan ANBK di SDN 04 Kajai dan SDN 12 Cubadak Mentawai. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan murid pun sangat konsentrasi mengikutinya" ujar Yota Balad.


Ia berharap Kota Pariaman melalui Dinas Dikpora agar dapat menerapkan Infoematila Teknologi (IT) ini di sekolah-sekolah mulai dari kelas I SD/MI. Bahkan, ujian sekarang ini sudah berbasis IT secara online dan hasil ujiannya langsung dipantau Kementerian Pendidikan.


"Mudah-mudahan hal demikian,  dapat mencetak murid yang melek IT dan guru profesional. Juga memberikan pengenalan metode pembelajaran secara IT terhadap murid pada usia dini. Sehingga pelaksanaan ANBK ini dapat menghasilkan pemetaan terhadap murid, dengan begitu guru dapat melihat potensi murid-muridnya" harap dia. 


Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman Kanderi mengatakan pelaksanaan ANBK pada SD/MI se-Kota Pariaman tahun 2021 merupakan salahsatu terobosan pemerintah dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sekolah. 


Ia menyebutkan, ANBK diklaim sangat penting untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia. ANBK ini berfungsi untuk pemetaan mutu sekolah dan sangat berpengaruh terhadap penentuan akreditasi sekolah bersangkutan kedepannya. 


“Untuk Kota Pariaman, pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 2 (dua) gelombang. Gelombang pertama dilakukan 15 s.d 18 November 2021, dan gelombang kedua 22 s.d 25 November 2021" ungkap Kanderi. (mc-saco).




ADSEN KIRI KANAN