Notification

×

MGID ATAS

Adsen


SDM Pertanian Keerom Siap Terjemahkan Visi dan Misi Bupati Nuju Lumbung Jagung Nasional

Kamis, 25 November 2021 | 15:07 WIB Last Updated 2021-11-25T08:07:41Z

Zakarias Wens Pikindu, SP


Keerom, fajarharapan.Id - Kabupaten Keerom Propinsi Papua di dorong menjadi daerah lumbung jagung nasional oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom,  pada era kepemimpinan Bupati Piter Gusbager S.Hut, Mup, dan Wakil Bupati Wafir Kosasih. 


Hal itu di ungkapkan Plt Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Keerom, Zakarias Wens Pikindu, SP saat memantau Lahan yang telah di canangkan untuk penanaman jagung, Kamis (25/11/2021).


Di Katakan, guna mengembangkan  lumbung pangan nasional dengan komoditi unggulan jagung di Kabupaten Keerom ini. Sebelumnya Bupati Keerom Piter Gusbager, S.Hut, Mup, telah bertemu Presiden RI Joko Widodo di selala pembukaan PON XX Papua di Jayapura beberapa waktu lalu.


Hasil pertemuan tersebut telah menghasilkan kesepakatan dan komitmen, untuk Kabupaten Keerom di dorong sebagai daerah lumbung jagung nasional.


Kata Zakarias, jagung di pilih menjadi komiditi utama/unggulan karena di lihat dari beberapa sisi, antara lain sisi geografis lingkungan, (tanah yang cocok), teknis budidaya. Secara teknis Dinas Pertanian dan Tim yang akan di bentuk Bupati, tugasnya adalah Identifikasih Calon Lahan dan Calon Petani, agar dalam pelaksanaannya tidak terbentur dengan problem calon petani maupun calon lahan. Jika sudah siap, tahapan selanjutnya adalah Sosialisasi kepada calon petani.


Ketika petani sudah memahami dan siap maka, bantuan bantuan berupa benih, alat mesin pertanian, pupuk serta alat dan bahan pengendalian hama penyakit akan di siapkan sesuai tugas pokok dari Dinas Pertanian. Kita juga berkomitmen akan melibatkan semua SDM Pertanian, mulai dari Petani, Penyuluh, hingga seluruh Staf maupun Pimpinan Dinas Pertanian untuk secara teknis bekerja dalam menyukseskan Visi dan Misi Bupati Keerom (Piter Gusbager S.Hut, Mup) di Bidang Pertanian.. Ujar Pria Jebolan Institut Pertanian Bogor.


Menurut Zakarias, saat ini kami menggunakan lahan eks kelapa sawit sebesar 3000h sebagai barometer, target Bupati Keerom (Piter Gusbager S.Hut, Mup) Tahun depan sekitar Bulan Maret sudah harus panen entah itu bersama Presiden RI Bapak Joko Widodo maupun Mentri teknis yang memberikan dukungan. Dari 3000h yang kita jadikan sebagai barometer, Tahun depan kita tingkatkan menjadi 10.000h., 


Lebih jauh Zakarias Wens Pikindu yang juga salah satu Tokoh Muda Keerom ini menambahkan,, Komitmen Bupati Keerom ini untuk mendorong Wilayahnya sebagai lumbung Jagung Nasional di dasari pada, meningkatnya petani kelapa sawit yang beralih profesi menjadi tukang ojek, pendorong kayu di perusahaan, tukang bangunan, akibat pendapatan petani yang terus merosot tajam, hal ini di anggap sebuah persoalan yang harus di atasi, guna mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat serta mengurangi angka pengangguran.


Guna menerjemahkan Visi dan Misi Bupati Keerom (Piter Gusbager S.Hut, Mup) dan Wakil Bupati (Wafir Kosasi), sudah ada investor yang siap membackup, maka pertumbuhan perekonomian masyarakatpun akan meningkat. Saya sendiri sebagai plt kabid TPH tentu siap secara teknis dalam budidaya di lapangan maupun secara administrasi. (Nabar Ferry)


ADSEN KIRI KANAN