Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Penampilan 9.000 Penari Piring di Tanah Datar Pecahkan Rekor MURI

Minggu, 14 November 2021 | 15:09 WIB Last Updated 2021-11-14T08:09:58Z

 

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, menerima Piagam Pemecahan Rekor Muri dari Manager MURI, Triyono pada acara Festival Pesona Minangkabau, di Istana Pagaruyung



Tanah Datar, fajarharapan.id - KabupatenTanah Datar kembali pecahkan rekor MURI Dunia, kali ini dengan tari piring melibatkan sebanyak 9.000 lebih penari dari pelajar, sanggar seni dan masyarakat pada , Festival Pesona Minangkabau yang dilaksanakan, Sabtu (13/11-2021) di Komplek Istano Basa Pagaruyung.


 Manager MURI, Triyono pada acara tesebut langsung menyerahkan Piagam pemecahan rekor kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra yang didampingiWakil Bupati Richi Aprian, disaksikan Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Drs. Reza Pahlevi dan Asisten Bidang Administrasi Umum gubernur Sumbar ......


Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam sambutannya mengatakan Festival Pesona Minangkabau tidak hanya untuk pecahkan rekor saja, namun untuk menggali, melestarikan dan memajukan seni tradisional dan budaya Minangkabau.


Dijelaskan bahwa, Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah Luhak Nan Tuo, adalah wilayah tertua Minangkabau, tentu menjadi tanggung jawab menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak tertelan kemajuan zaman, karenanya dalam iven ini kita tampilkan kekayaan budaya, wisata dan kuliner yang ada,” jelasbya.


Dikatakan, kondisi pandemi Covid-19 saat ini, mengharuskan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk terus berkreasi dan berinovasi agar pariwisata tetap bertahan.


“Oleh sebab itu, Pemerintah Tanah Datar didukungan Dinas Pariwisata Provinsi dan Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif/Kemenparekraf melaksanakan festival ini secara hybrid.


Bupati mengharapkan Festival Pesona Minangkabau ini akan menjadi momentum bangkitnya Pariwisata di Kabupaten Tanah Datar dan meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah-tengah masyarakat di hadpkannoleh Pandemi Vobid 19.


Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Reza Pahlevi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan bangga dengan Festival Pesona Minangkabau.


“Penerapan protokol yang ketat, pembatasan kehadiran offline bukan menjadi halangan kegiatan ini tidak bisa disaksikan. Karena dengan kemajuan teknologi, semua bisa menjadi mudah,” ujarnya.h


Reza berharap, event Festival Pesona Minangkabau ini mampu meningkatkan semangat sektor pariwisata, khususnya Tanah Datar, karena telah menjadi salah satu event yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara Tahun 2021.


Dikatakan, bahwa Tanah Datar dengan kekayaan budaya, alam dan kuliner, saya yakin Tanah Datar tetap menjadi magnet dan salah satu destinasi wisata yang dibanggakan di Sumatra Barat. Karena itu kerja keras dan kolaborasi semua pihak sangat kita butuhkan,” tandasnya. (Veri).


ADSEN KIRI KANAN