Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Pembangunan Jembatan Janjang Kambiang akan Rampung Sesuai Jadwal

Senin, 22 November 2021 | 10:04 WIB Last Updated 2021-11-22T03:04:42Z

Jembatan Janjang Kambiang Batu Bajarang, Nagari Luak Kapau, Solsel, Sumbat sedang dipacu pekerjaannya hingga pertengahan Desember 2021 ini. 


Solsel, fajarharapan.id - Masyarakat Janjang Kambiang, Batu Bajarang, Nagari Luak Kapau, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat (Sumbar) sudah bisa lega. 


Pasalnya jembatan penghubung yang sering dihondoh banjir di daerah itu, sudah dibangun dengan jembatan permanen oleh Pemerintah Daerah Solok Selatan melalui dana APBD dan bakal rampung sesuai jadwal.


Untuk kepentingan kedua daerah di Nagari tersebut sudah akan terpenuhi, masyarakatnya yang akan berurusan kepusat ibu kecamatan dan kepasar tidak apalagi jauh jauh berputar. 


Pembangunan jembatan Janjang Kambiang Nagari Luak Kapau dengan pagu dana Rp7,5 milyar itu akan rampung pada akhir Desember 2021 ini. 


Pelaksana pekerjaan CV Taman Karya Manggala Alvino saat dikonfirmasi fajarharapqn.id di lokasi proyek, Senin (22/11/2021) mengatakan, pembangunan jembatan ini pagu dana Rp8,1 M dengan penawaran Rp7,5 Milyar, jembatan sepanjang 60 meter, sedang dalam pekerjaan 


Dan pekerjaan ini baru dikerjakan dua minggu yang lalu, dan akan rampung dalam jangka waktunya yang sudah ditentukan. 


Alvino yang didampingi konsultan pengawas Musriadi Mak Mud menambahkan, dalam kontraknya pekerjaan ini hanya beberapa item saja seperti, pengadaan rangka, eregsen, pengecoran lantai, minor, optimis akan siap akhir tahun 2021 ini sesuai dengan jadwal dikontrak, bobot kerja sudah sampai 50,1 persen. 


Hasibul Ihzar selaku tokoh masyarakat Luak Kapau di lokasi pembangunan mengatakan, sebuah harapan masyarakat Nagari Luak Kapau sejak puluhan tahun belum juga terwujud. 


"Apalagi setiap air besar dan sering terjadi banjir atau galodo, sangat sulit masyarakat untuk beraktivitas ke pusat kecamatan," ucap mantan Wali Nagari Luak Kapau itu. 


"Sewaktu saya menjabat jadi Wali Nagari sudah sering jembatan itu jebol dan hanyut, berbagai langkah dan solusi untuk mencari pengganti jembatan ini tetap saja rusak oleh air, karena hanya bersifat darurat," tambahnya.


Jembatan Janjang Kambiang ini merupakan akses yang vital bagi masyarakat, dan menghubungkan beberapa kenagarian, terutama anak anak sekolah, petani yang bahkan warga kedua daerah untuk membawa hasil taninya keluar. "Alhamdulillah, untuk 2021 ini terwujud sebuah jembatan permanen," ucap Hasibul. (Von)



ADSEN KIRI KANAN