Notification

×

MGID ATAS

Adsen


LPPM Unand Lakukan Pengabdian Workshop Optimisasi Koten di Sumatra Volunteer

Senin, 15 November 2021 | 13:06 WIB Last Updated 2021-11-15T06:06:36Z

Foto bersama pada pengabdian LPPM Unand dalam mengembangkan usaha di Sumatra volunteer.


Padang - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas (Unand) telah banyak melakukan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan itu mendapat respon positif dari berbagai kalangan masyarakat, industri dan kelompok sosial. 


Kinerja lembaga pengabdian kepada masyarakat Perguruan Tinggi dalam bidang penerapan IPTEKS ke masyarakat juga sangat baik, sehingga hal ini bisa terus-menerus dilakukan. Dan untuk tahun kedua bagi Yayasan Sumatra Volunteer mendapat kesempatan untuk dibina dan dilatih dalam mengembangkan usaha kerajinan produk yang terbuat dari bambu.


Sumatra Volunteer merupakan Yayasan atau NGO (Non profit Organizasition) yang salah satu visinya memberikan pendidikan Bahasa Inggris gratis untuk anak-anak, pemuda dan masyarakat, yang mana salah satu program dari yayasan ini yaitu menghasilkan produk sedotan dari bambu yang ramah lingkungan


Tepat pada hari Sabtu, 06 November 2021 Pengabdian LPPM Universitas Andalas turut hadir untuk ketiga kalinya dalam rangka memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai “Optimalisasi Konten Web”. Pengabdian dilaksanakan di Yayasan Sumatera Volunteer yang berlokasi di Tanah Datar. 


Skim Pengabdian berupa Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang. Kegiatan diketuai oleh Ibu Winny Alna Marlina, ST, MM dan anggotanya yaitu Ibu Nefy Puteri Novani, S.Kom., MT dan juga Bapak Handoko. Tujuan pengabdian mengarah pada bagaimana menciptakan konten yang baik di media social, agar nantinya produk dari usaha Sumatra Volunteer ini bisa merambah kepasar yang lebih luas lagi. Pebisnis juga bisa menjalankan strategi peningkatan omset dengan berinovasi memanfaatkan online shop dan online delivery.

 

Pengabdian dimulai dari jam 10.00 WIB di kantor Yayasan. Kegiatan pengabdian di buka dengan Doa serta kata sambutan dari Ketua Pengabdian yaitu Ibu Winny Alna Marlina lalu kata sambutan dari Pak Husen selaku pendiri dari Yayasan. Pelatihan pengisian konten dan Workshop mendesain promosi produk untuk digital marketing dilakukan oleh Pak Handoko, S.S, M.Hum.


Kegiatan dibantu oleh beberapa mahasiswa Universitas Andalas Kampus II. Kegiatan dibuka oleh Eliza dan Vany sebagai pembawa acara. Kemudian Pak Handoko selau pemati memberikan pelatihan dan workshop tentang pengisian konten dan Workshop mendesain promosi produk untuk digital marketing.


Pada kegiatan pengabdian Pak Handoko memaparkan perlunya digital marketing untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan, menekan biaya promosi, menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan angka penjualan dan membuat Konten Digital dengan Canva.


Pada kegiatan pengabdian Pak Handoko juga memberikan pelatihan cara penggunaan Canva untuk desain Grafis. Cara meggunakan aplikasi Canva dengan mendownload dari AppleStore dan Playstore atau bisa langsung masuk ke website Canva.


Dalam kegiatan juga dipraktekkan cara membuat Akun dengan Canva lalu cara masuk ke  Halaman Utama pada Canva, cara mengedit pada Halaman Canva. Setelah itu dilakukan workshop untuk praktek desain Grafis di Canva baik untuk pembuatan brosur, poster, logo dan sebagainya. 


Kegiatan Pengabdian berakhir  sampai jam 17:00 WIB. Sumatera Volunteer diwakili oleh Pak Husen sangat antusias dan berterimakasih atas pelatihan dan worksop yang dilakukan. Beliau berjanji akan membuat brosur untuk produk yang akan dijual. (Winny Alna Marlina/Dosen Fakultas Ekonomi Unand)



ADSEN KIRI KANAN