Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Kampung se-Distrik Arso Timur Laksanakan Musrenbang, Ini Harapan Kaka Elisabeth Abar

Jumat, 26 November 2021 | 07:55 WIB Last Updated 2021-11-26T00:55:42Z

Kepala Distrik Arso Timur, Kaka Elisabet Abar, SH., bersama masyarakat.


Keerom, fajarharapan.id - Musyarawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dimaksudkan untuk mendapatkan masukan mengenai Kegiatan Prioritas Pembangunan (KPP) di wilayah kampung yang di dasarkan pada masukan dari masyarakat. 


Musrenbang yang dilaksanakan di delapan Kampung se-Distrik Arso Timur, Keerom, Papua  ini sangatlah penting karena dapat menentukan arah pembangunan ke depan.


Hal itu ditegaskan Kepala Distrik Arso Timur, Kabuapten Keerom, Provinsi Papua, Kaka Elisabeth Abar, SH, saat menutup Murenbang tingkat kampung di Balai Kampung Suskun Distrik Arso Timur, Kamis (25/11/2021).


Dikatakan, Musrenbang kampung yang dilakukan saat ini adalah forum musyawarah untuk mendorong program pembangunan tahun 2023. Di antaranya bidang infrastruktur (jalan darat)  dan pendidikan menjadi program prioritas selain bidang ekonomi, kesehatan. Pelaksanaan musrenbang ini juga tidak terlepas dari  Undang Undang No. 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah.


Menurut Elisabeth, musrenbang kampung merupakan bagian penting dari rencana kerja pembangunan daerah, sehingga guna mendorong pembangunan sesuai visi dan misi bupati Keerom. "Kita telah melaksanakan tahapan penyusunan rencana, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan beberapa tahun lalu untuk melihat titik mana yang menjadi prioritas pada persoalan di kampung," ujarnya.


Hampir sepekan musrenbang itu dilaksanakan di seluruh kampung se-Distrik Arso Timur. Adapun tujuan penyelenggaraan musrenbang ini antara lain, pembahasan dan menyepakati usulan rencana kegiatan yang menjadi program prioritas dengan mendorong program pembangunan di sejumlah kampung se Distrik Arso Timur di Tahun 2023.


"Nantinya hasil musrenbang kampung ini di hasil jadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan renja perangkat daerah, dengan tujuan tersebut saya sebagai Kepala Distrik, hampir sepekan melaksanakan musrenbang Kampung, hingga hari ini penutupan. Hal ini guna mewujudkan visi misi Bupati Keerom (Piter Gusbager, S.Hut, Mup--red) karena dari sejumlah Kepala Distrik sebelumnya tidak pernah melaksanakan kegiatan ini," tegasnya.


Menurutnya, ada beberapa program mendasar, infrastruktur, pendidikan, ekonomi dan kesehatan maupun sosial budaya. Masih jauh dari harapan rakyat kampung se-Distrik Arso Timur yang berada tepat di garis batas RI - PNG ini. "Saya akan terus mendorong ketimpangan pembangunan prioritas di wilayah ini kepada pemerintah daerah," tambahnya.


Kegiatan ini melibatkan masyarakat masing masing kampung agar program yang akan di dorong ke pemerintah daerah benar-benar sesuai dengan kepentingan masyarakat Distrik Arso Timur. (Nabar Ferry)


ADSEN KIRI KANAN