Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Kader PKK, Peranan Strategis Dalam Pangan Keluarga

Jumat, 26 November 2021 | 11:25 WIB Last Updated 2021-11-26T04:25:56Z


Ketua TP-PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur bersama Kader PKK. (foto.dok.pro)

Pariaman
- Kader PKK memiliki peran yang sangat strategis dalam program keamanan pangan di tengah masyarakat. Sebagai penggerak, PKK berperan memotivasi orang tua atau keluarga terutama yang memiliki usaha makanan dan obat-obatan.


Demikian disampaikan Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur ketika pemateri dalam kegiatan "Komunikasi Informasi dan Edukasi Ketahanan Pangan (KIEKP)" yang diselenggarakan Dinas Kesehatan di Gedung Pertemuan Sambalado, Pariaman, Kamis (26/11/21).


Yusrita menyarankan agar mereka membuat sendiri jajanan atau kudapan bagi anak-anak dan masyarakat sekitar. Selain itu, tugas PKK juga memotivasi orang tua dan keluarga untuk melaksanakan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dalam pemberian makanan yang aman dan bergizi.


"Kunci percepatan peningkatan keamanan pangan keluarga adalah, dengan memanfaatkan peran yang dimiliki. Yakni bermitra dengan Perangkat Daerah terkait, dan memberdayakan kader-kader PKK serta lembaga yang ada di Nagari. Hal ini, dapat menjadi salah satu kunci percepatan peningkatan keamanan pangan dalam keluarga", jelasnya. 


Kabid Promkes Dinkes Zairil, SKM melaporkan kegiatan KIE KP bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat, tentang keamanan pangan aman di tengah masyarakat.


Rangkaian kegiatan KIE dengan sasaran seluruhnya sebanyak 600 peserta ini yang dilaksanakan secara bertahap  Pada setiap tahapan melalui beberapa angkatan.


Sebelumnya pada tahap pertama dan kedua telah beangsung pekan lalu di Lubuak Aluang. Untuk tahap ketiga, dilaksanakan, Selasa s.d Jum'at, 23 - 26 November 2021 yang diikuti sebanyak 240 peserta dan dibagi menjadi 60 peserta setiap harinya, kata Zairil. 


Ia sebutkan, peserta KIE KP terdiri dari Pengawas pangan, Tenaga Promkes Puskesmas, Kader Posyandu, Pedagang pangan siap saji/jajanan anak sekolah, anggota TP. PKK, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra, Adhyaksa Dharmakarini serta Bagian Prokopim Setdakab Padang Pariaman.  


Dalam kegiatan ini sebagai Narasumber dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Pariaman dan Dinas Kesehatan. (r-sa).





ADSEN KIRI KANAN