Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Jangan Sepelekan Arsip

Senin, 22 November 2021 | 11:35 WIB Last Updated 2021-11-22T05:25:08Z

.

Payakumbuh, fajarharapan.id - Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Drs. H. Ridha Ananda, M.Si diwakili Staf Ahli Walikota Payakumbuh Bidang Hukum dan Politik Herlina,  membuka secara resmi Bimbingan Teknik Pengelola Kearsipan perangkat daerah Kota Payakumbuh yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh pada Senin (22/11).

Sekdako menyampaikan bahwa arsip merupakan hal yang terpenting untuk dikelola dengan baik, dipelihara dan diselamatkan, jangan ada OPD yang menyepelekan arsip.

Arsip memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan organisasi, baik untuk perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengambilan keputusan maupun untuk bahan pertanggung jawaban kegiatan organisasi. "Tidak ada kegiatan organisasi yang tidak menghasilkan arsip dan tidak ada organisasi yang tidak memerlukan arsip", kata Sekdako.

Diera digitalisasi ini arsip pun juga mulai mengalami transformasi dari arsip konvensional menjadi arsip elektronik, sejalan dengan amanat Peraturan Presiden RI Nomor : 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sistem Informasi Kearsipan Dinamis terintegrasi atau disingkat Srikandi merupakan inovasi dibidang kearsipan dinamis guna mewujudkan efiseliensi penyelenggaraan administrasi pemerintahan dan pengelolaan kearsipan terpadu yang bersifat Government to Goverment yang dimanfaat oleh instansi pusat dan daerah, kata Sekdako yang dibacakan Staf Ahli Herlina.

Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Fatmawati, ST sebelum pembukaan Bimtek menyampaikan Bimtek Pengelolaan Kearsipan terbagi dua angkatan. Angkatan pertama tanggal 22 - 23 November 2021 berjumlah 32 orang untuk pengelola kearsipan Perangkat Daerah di Lingkungan Kota Payakumbuh diikuti Kasubag Umum dan Kepegawaian serta angkatan kedua tanggal 29 - 30 November 2021 berjumlah 47 orang untuk pengelola arsip dari kelurahan di lingkungan Kota Payakumbuh.

Tujuan dari kegiatan Bimtek Pengelolaan ini adalah mengendalikan arus arsip yang tercipta,  mengatur penyelamatan arsip sebagai bukti penyelamatan nasional serta agar pencipta arsip dan pejabat yg bertanggung jawab dapat melakukan penyelamatan arsipnya dan melakukan pemusnahan arsip sesuai dengan kaedah-kaedah kearsipan dan ketentuan peraturan perundang-undangan, kata Fatmawati.(Zik)

ADSEN KIRI KANAN