Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Dua Prestasi SMPN 9 Payakumbuh 2021

Kamis, 04 November 2021 | 03:59 WIB Last Updated 2021-11-03T20:59:50Z

Payakumbuh, fajarharapan.id - Ada dua prestasi membanggakan SMPN 9 Payakumbuh tahun ini. Selain menjadi salahsatu dari dua perwakilan sekolah asal Kota Payakumbuh yang mengikuti Penilaian Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2021, 1 orang siswanya juga berhasil dalam seleksi Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional tahun 2021.

Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

Kepala SMPN 9 Payakumbuh Syafrida, saat ditemui media di ruang kepala sekolah, Rabu (3/11), mengatakan sekolahnya berhasil mendapatkan penghargaan atau memenuhi kriteria sebagai sekolah adiwiyata di tingkat kota sejak tahun 2018. Kemudian melaju ke tingkat provinsi pada tahun 2019 dan meraih penghargaan serupa, karena adanya pandemi di awal tahun 2020, maka penilaian adiwiyata tingkat nasional diundur.

"Tahun 2021 ini, kita sedang mengikuti penilaian di tingkat nasional. Capaian ini merupakan hasil dari kerjasama yang baik siswa, guru, warga sekolah, komite, orang tua siswa, dan MoU dengan OPD terkait, disamping pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, serta Camat Payakumbuh Timur," kata Syafrida.

Terkait GSI, Syafrida menyampaikan prestasi inilah yang membuat sekolah terus komit melakukan pembinaan kepada minat siswa secara non akademik untuk mengembangkan bakat dan minatnya di segala bidang, termasuk kegiatan lain seperti bela diri karate. 

"Untuk siswa yang berhasil ikut seleksi GSI ke tingkat nasional bagi SMPN 9 Payakumbuh bukanlah hal baru, sejak tahun-tahun sebelumnya juga mengirim siswa untuk prestasi non akademik cabang olahraga ini," tambah Syafrida didampingi Guru pendamping Rahmadri.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril mengatakan untuk seleksi GSI ini, ada sekian ribu siswa SMP di 19 kabupaten dan kota di Sumbar, hanya ada 5 siswa yang bisa mewakili Sumatera Barat, dan semuanya berasal dari SMP di Kota Payakumbuh. 2 orang dari SMPN 1 Payakumbuh, sisanya 1 orang dari SMPN 9 Payakumbuh, SMPN 2 Payakumbuh, dan SMPN 4 Payakumbuh.

"Kelima siswa dari SMP di Kota Payakumbuh ini akan mewakili Sumatera Barat di ajang Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional tahun 2021 yang direncanakan bakal dihelat di Bogor, Jawa Barat," kata Dasril.

Dasril juga menyampaikan apresiasi kepada sekolah yang telah komit dalam melakukan pembinaan kepada siswa sehingga berprestasi dan mengharumkan nama Kota Payakumbuh. (Humas/Zik)

ADSEN KIRI KANAN