Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Disbunnak Kalsel Monitoring Peremajaan Tanaman Karet

Selasa, 09 November 2021 | 21:23 WIB Last Updated 2021-11-09T14:23:10Z

Peremajaan tanaman karet di Desa Halong, Paringin, Kalsel.


Paringin, fajarharapan.id - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Selatan monitoring dan evaluasi kegiatan peremajaan tanaman karet di Kecamatan Halong yang tersebar pada enam desa dan enam kelompok tani dengan luasan 100 ha. Selasa ( 9/11).


Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa bantuan yang diberikan kepada kelompok tani sudah melakukan penanaman sesuai dengan keadaan iklim pada saat ini dan juga pemanfaatan bantuan sesuai dengan peruntukannya.


Peremajaan tanaman karet di Kabupaten Balangan dengan luasan 100 ha tersebut dapat terealisasi tanam seluas 82 ha. Pada saat monitoring dan evaluasi tersebut didampingi para penyuluh lapangan dan Kepala Seksi P2HP Syahbudiannor. Dihadapan para petugas petani/pekebun akan melakukan penyelesaian penanaman pada minggu ke tiga dibulan November. 


Selanjutnya di Kabupaten Tabalong tim melakukan monitoring dan evaluasi seputar peremajaan tanaman karet pada Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta, kegiatan peremajaan tahun 2019 dan Desa Ribang Kecamatan Muara Uya kegiatan peremajaan tahun 2018.


Berdasarkan monitoring dan evaluasi dilapangan tersebut para petani sangat mendukung kegiatan peremajaan tanaman karet dengan pola tanam ganda. Sebab dapat meningkatkan pendapatan petani melalui integrasi permanen di lahan karet yang diremajakan dengan tanaman pangan, hortikultura maupun komuditas perkebunan lainnya. Sebelum maupun sesudah tanaman karet menghasilkan yang dikenal dengan istilah “SUPRADIN” yaitu sistem usaha perkebunan rakyat diverdifikasi terintegrasi. (feb)


ADSEN KIRI KANAN