Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar Akan Latih Pelayan Publik Nagari dan Kecamatan

Kamis, 11 November 2021 | 21:55 WIB Last Updated 2021-11-11T14:55:19Z

 

Kasi Pengaduan dan Informasi  Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar, Syafril Gazali, SE, M.Si



Tanah Datar, fajarharapan. Id - Program Unggulan Pemerintah Tanah Datar dalam rangka peningkatan Pelayanan Publik yang dekenal dengan Pelayanan Publik Tanah Datar Diujung Jari (Peluk Tanda Diri) ini segera akan dirasakan oleh masyarakat di Nagari.


Program ini sebelumnya sudah di launching pada 27 Mei 2021yang lalu di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, dan menjadi Program Unggulan Bupati Tanah Datar untuk dikembangkan sampai ketingkat pelayanan pemerintahan terkecil di Nagari.


Terkait dengan tekat Pemerintah untuk menjadikan program ini sebagai program unggulan dalam upaya peningakatan Pelayanan Publik yang kegiatannya berada pada Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar akan melatih sebanyak 120 orang PRN Perizinan di Nagari, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan dan Pegawai Dinas PMPTSP Naker.


Kepala Dinas PMPTSP Naker Tanah Datar melalui Kasi Pengaduan dan Informasi Safril Gazali, S.E, M.Si Kamis (11/11-2021) mengatakan, Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik  bagi Dinas PMPTSP Naker bagi petugas pelayanan perizinan mulai dari pemerintahan Nagari, kecamatan dan Kabupaten Tanah datar sendiri pada Jumat besok, di Hotel Emersia, katanya.


" ini merupakan aktualisasi dari Program Unggulan Bupati Tanah Datar yaitu Pelayanan Publik Tanah Datar Diujung Jari (Peluk Tanda Diri) yang sebelumnya sudah di launching pada 27 Mei 2021 di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, ungkap Syafril.


Dijelaskan bahwa, Sesuai dengan Undang2 No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan turunannya yaitu Peraturan Pemerintah No.5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, pemerintah memberikan kemudahan dalam berusaha dan berinvestasi dengan memberikan kemudahan dalam proses pengurusan izin usaha.


Menurutnya, dengan menggunakan sistem Online Single Submission - Risk Based Approach (OSS-RBA) masyarakat dapat mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara mandiri melalui Komputer, Laptop ataupun menggunakan Smartphone Android/ios.


"Bagi masyarakat yang sulit jangakaun internet atau kurang paham terhadap penggunaan teknologi, maka dapat melakukan proses pendaftaran NIB melalui pendampingan oleh PRN Nagari setempat ataupun Kasi/ staf pelayanan umum kecamatan, terang Dyafril


Meskipun demikian masyarakat tetap diperbolehkan jika ingin datang langsung ke Dinas PMPTSP Naker dalam pengurusan NIB tersebut. Tambahnya (Veri)


ADSEN KIRI KANAN