Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Capaian Kinerja Pengawas dan Kepsek Menentukan, Ini Penjelasan Kadisdikbud Pd. Pariaman

Senin, 08 November 2021 | 16:08 WIB Last Updated 2021-11-08T09:08:41Z

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman Drs.H.Anwar, M.Si.


Parit Malintang, fajarharapan.id - Menjadi aparatur sipil negara (ASN) dalam bidang pendidikan khususnya, baik sebagai Pengawas Sekolah (PS) maupun mengemban Kepala Sekolah (Kepsek) dan guru harus mempunyai program kerja yang terstruktur dan terukur. 


Sehingga capaian kinerja dapat terlaksana secara baik, juga akan menentukan terhadap peningkatan mutu pendidikan dan disiplin kerja di dekolah.


Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman Drs.H.Anwar, M.Si., ketika menjawab pertanyaan fajarharapan.id di Parit Malintang, Senin (08/11/21), sehubungan peningkatan disiplin kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada TK, SD dan SMP.


Kata dia, sebagai pembuktian kinerja kesemua ASN tenaga pendidik seperti PS, Kepsek dan Guru, harus mempunyai program kerja. Hal tersebut bisa dipertanggung jawabkan berdasarkan regulasinya. Artinya bekerja tersebut mempunyai panduan kerja secara berkelanjutan.


"Salah satu upayanya adalah disiplin kerja tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dengan silaturrahmi dan dialog kepada PS, Kepsek serta Guru di Kecamatan-Kecamatan. Disamping itu, juga kunjungan inspeksi mendadak (Sidak) ke SD dan SMP tanpa pemberitahuan terlebih dahulu" sebut mantan Kepala BKPSDM itu.


Ia juga mengakui dari temuan lapangan, memang diperlukan sangat sentuhan pembinaan pada sektor sumber daya manusia (SDM). Hal demikian, maka perlu digenjot terus melalui empat dimensi. Yakni disiplin guru, siswa berakhlak mulia, K3 tercipta dengan nyaman, dan hubungan sosial guru berjalan baik secara harmonis pada lingkungan masyarakat.


"Kita tidak menemukan guru seenaknya saja datang dan pergi mengajar di Sekolah. Lagi, kesejahteraan telah diatas mencukupi. Kemudian, jangan berbuat gaduh sesama tenaga pendidik, apalagi dengan masyarakat setempat. Disinilah dituntut peranan PS dan Kepsek dalam melaksanakan Tupoksinya" harap dia mengingatkan.


Berkenaan pelaksanaan Pra Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), ucap mantan Kabag Kesra itu, bahwa instrumennya telah disebarkan PS kepada Kepsek binaannya. Kita meminta agar kesemua PS supaya memberikan hasil laporannya secara tertulis bulan November 2021 ini.


Anwar yang berpenampilan humanis ini menyebutkan, begitu kita terima laporan masing-masing PS tersebut pada Minggu ini, maka akan dilakukan croschek kelapangan. Untuk datang ke Sekolah nantinya, memang sengaja tak terjadwal disebabkan hanya baru Pra PKKS.


Ia meminta kesemua pihak agar dapat melaksanakan Tupoksi masing-masing demi meningkatkan kualitas pendidikan untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya.


"Ayo mari kita kelola pendidikan secara humanis dan religi serta bermartabat untuk Daerah" ajak Peraih Juara II Nasional Diklat PIM 2 tahun 2014 itu.(saco)


ADSEN KIRI KANAN