Notification

×

MGID ATAS

Adsen


Budidaya Tanaman Porang, Nilai Ekonomis Tinggi

Jumat, 12 November 2021 | 11:53 WIB Last Updated 2021-11-12T05:00:12Z



Marabahan, fajarharapan.id – Kegiatan Penanaman perdana Porang Koramil 1005-06/Belawang  bertempat bertempat di Ds. Sumber Rahayu Kec. Wanaraya Kab. Barito Kuala dilaksanakan acara Tanam Porang Bersama Bupati Barito Kuala dengan target luasan tanam 30 ha. Jum'at(12/10/2021)


Kegiatan tersebut di hadiri Bupati Barito Kuala  Hj. Noormiliyani AS, SH, Kajari Barito Kuala  Eben Ezer Silalahi, SH, MH, Dandim 1005/Barito Kuala diwakili oleh Pasi Log Kapten Caj Muhtadi Budi W, Kapolres Barito Kuala diwakili oleh Kapolsek Wanaraya Ipda Sukariana, Kepala Dinas Pertanian TPH Barito Kuala Murniarti, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Barito Kuala Ir. Rahmanuddin Murad, Camat Wanaraya  Selamat Riyanto, S.STP, M.Ec.Dev, Kades Sumber Rahayu  Kadiyo


Pada kesempatan tersebut Bupati Barito Kuala Ibu Hj. Noormiliyani AS, SH memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan penanaman perdana.


“Saya bersama dengan Koramil 1005-06/Belawang,  ada di sini Pak Dandim 1005/Barito Kuala yang di wakili  Kapten Caj Muhtadi ini kami bersama-sama memulai penanaman porang yang ada di Ds. Sumber Rahayu ” ucap bupati dalam sambutannya.


Di tengah-tengah Pandemi Covid-19 Kodim 1005/Barito Kuala senantiasa produktif untuk bagaimana mendorong ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Barito Kuala.


“Maka mari kita bersama-sama mengharapkan Ridho dari Allah Subhana Wa ta’ala dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kita menanam perdana porang di Kabupaten Barito Kuala semoga ini menjadi spirit buat seluruh masyarakat dan kepada mereka untuk kita sama-sama senantiasa produktif di musim pandemi covid-19 ini,” pungkasnya.


Lebih lanjut Dandim 1005/Barito Kuala yang d wakili oleh Kapten Caj Muhtadi mengatakan bahwa kegiatan tanam perdana dimaksudkan sebagai wujud perhatian TNI-Polri dan Pemerintah Daerah dalam mendukung ketahanan pangan khususnya di wilayah Barito Kuala.

ĹMaka perlu kita ketahui bersama bahwa porang ini memiliki banyak manfaat, selain di manfaatkan untuk bahan baku tepung, porang juga di gunakan untuk bahan kosmetik, penjernih air, selain itu’ juga untuk pembuatan lem dan ”jelly” yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke luar negeri seperti Jepang terutama  Cina.


ADSEN KIRI KANAN